Full Description

Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text (rdacontent)
Media Type unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Carrier Type volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Physical Description x, 234 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 1
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
S2517 14-18-686210469 TERSEDIA
No review available for this collection: 20286695
 Abstract
ABSTRAK
Peningkatan mutu pelayanan kesehatan sangat berkaitan dengan peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Interaksi antara perawat dangan pasien merupakan hal yang penting guna mengembangkan hubungan interpersonal yang bermanfaat bagi pasien. Bagaimana perawat memahami interaksinya dengan pasien yang bersifat sangat kompleks perlu dikaji lebih lanjut. Penelitian tentang relational schema perawat ini dilakukan untuk dapat mengetahui bagaimana perawat memahami interaksinya dengan pasien.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif guna mendapatkan gambaran tentang relational schema perawat. Data-data dikumpulkan dengan melakukan wawancara terhadap 5 orang perawat pada dua rumah sakit di Jakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat -memiliki relational schema tertentu yang digunakannya dalam berinteraksi dengan pasien. Relational schema ini mencakup tiga elemen yaitu: self-schema (berisikan pengetahuan tentang peran perawat serta kemampuan yang dimiliki dalam berinteraksi dengan pasien), other schema (berisikan pengetahuan tentang peran pasien, perilaku pasien, faktor yang mempengaruhinya, dan tipologi pasien), serta interpersonal script (berisikan pola urutan peristiwa yang terjadi dalam interaksi dengan pasien). Relational schema berkembang sejalan dengan interaksi antara perawat dengan pasien. Para subyek merasa bahwa pendidikan keperawatan tidak memberikan informasi yang jelas tentang bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan pasien.

Dari hasil yang didapat maka disarankan agar perawat dapat memperoleh pemahaman yang lebih jelas tentang peran profesionalnya dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Perawat juga perlu mendapatkan pengetahuan serta ketrampilan yang lebih mendalam tentang bagaimana berinteraksi dengan pasien. Hal ini mencakup pengetahuan yang komprehensif tentang pasien baik dari aspek biologis, sosial, psikis maupun budaya serta pengetahuan tentang cara-cara yang dapat dilakukan guna mengembangkan hubungan interpersonal yang bermanfaat bagi pasien.