Hubungan antara kesadaran diri publik dan presentasi diri pada petugas hubungan masyarakat (Studi penjajagan pada petugas hubungan masyarakat)
Wilita Putrinda;
Siti Purwanti Brotowasisto, supervisor; Pamugari Widyastuti, supervisor
([Publisher not identified]
, 1997)
|
ABSTRAK Pesatnya laju pembangunan menuntut sumber daya manusia yangberkualitas, sebagai pelaku pembangunan. Sumber daya yang berkualitas inidiperlukan untuk menjamin kelangsungan proses pembangunan menuju kemajuandemi mengantisipasi persaingan nasional dan internasional dalam era globalisasi.Bidang hubungan masyarakat telah berkembang sejalan dengan perkembangandunia usaha itu sendiri. Bidang ini lahir dari kebutuhan dari perusahaan, untukmengadakan hubungan yang baik dengan publiknya yang dipicu oleh adanyamasalah-masalah yang dapat merugikan perusahaan. Sifat dan pekerjaan hubunganmasyarakat yang senantiasa melibatkan penilaian publik, menimbulkan kondisidimana para petugas yang menjabat sebagai petugas hubungan masyarakatmemiliki peran sebagai wakil dan manifestasi dan perusahaan itu sendiri. TingkahIaku petugas humas menjadi cermin dari perusahaan itu sendiri. Mereka harusselalu memberikan kesan yang baik dan positif kepada publiknya, agar perusahaanmereka mendapat dukungan dari publik. Dukungan dan opini yang positif daripublik akan menjamin kelangsungan usaha. Oleh karena itu para petugas hubunganmasyarakat dalam melakukan pekerjaannya terlibat dalam upaya presentasi diriuntuk mendapatkan kesan positif.Meski tujuan hubungan masyarakat dan fungsi petugasnya sudah cukupjelas, namun masih ditemukan masalah-masalah kehumasan yang diakibatkan olehtindakan petugas hubungan masyarakat yang dapat merugikan perusahaan misalnyadengan mengabaikan masalah yang ada. Artinya mereka tidak berhasil melakukanpresentasi diri yang baik, sehingga menimbulkan masalah. Masalah presentasi dirimenjadi penting untuk dikaji demi untuk peningkatan kualitas petugas hubunganmasyarakat itu sendiri.Penelitian ini ingin menelaah lebih jauh presentasi diri para petugashubungan masyarakat dalam kaitannya dengan kesadaran diri publik yang merekamiliki. Kesadaran diri publik membuat individu memberikan perhatian terhadapaspek dirinya yang terlihat oleh orang lain. Individu dengan kesadaran diri publik tinggi peduli terhadap pendapat orang lain mengenai dirinya dan bagaimana dirinyaterlihat oleh orang Iain. Kesadaran diri publik yang tinggi ini membuat individusenantiasa peka terhadap pandangan orang Iain mengenai dirinya sehingga merekaberusaha untuk tampil baik dan orang lain memperoleh kesan positif mengenaidirinya. Kesadaran diri publik membagi individu menjadi memiliki kesadaran diripublik tinggi dan rendah. Sedangkan presentasi diri membagi individu yangmemiliki presentasi diri positif dan negatif. Pada penelitian ini ingin dilihathubungan antara perbedaan individual dalam kesadaran diri publik para petugashubungan masyarakat sektor komersial dengan presentasi dirinya. Apakah adahubungan antara kesadaran diri publik dan presentasi diri para petugas hubunganmasyarakat sektor komersial.Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah para petugas hubunganmasyarakat yang masih menjabat, bekerja di sektor komersial (perusahaan), danmemiliki masa kerja diatas 6 bulan. Teknik pengambilan sampel adalah teknikaksidental sampling, dimana subyek diambil berdasarkan kemudahanpengambilannya dan kebutuhan penelitian saja. Alat yang digunakan berupakuesioner yang berisikan skala kesadaran diri publik dan pertanyaan terbuka sekitarsituasi kehumasan.Hasil yang diperoleh adalah, para petugas hubungan masyarakat sektorkomersial memiliki kesadaran diri publik yang tinggi. Sementara itu presentasi diriyang mereka tampilkan cenderung negatif. Tidak ada hubungan yang berarti antarakesadaran diri publik dan presentasi diri para petugas hubungan masyarakat sektorkomersial. |
![]()
|
No. Panggil : | S2537 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 85 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2537 | 14-18-781597306 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286713 |