Pengaruh pemahaman simetri bahasa terhadap pemecahan persoalan aritmatika verbal tipe perbandingan (Studi pada siswa kelas 2 SD YASPORBI II Jakarta)
Yoserina Muharmi;
Djiwatampu, Meithy, supervisor; Derry Busriati, supervisor
([Publisher not identified]
, 1997)
|
ABSTRAK Aritmatika verbal merupakan bagian dari matematika yang mempunyai andilbesar dalam membantu anak menghadapi masalah sehari-hari. Namun demikianaritmatika verbal kurang disukai dan dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit olehanak, sehingga masih banyak anak yang menampilkan prestasi yang kurangmemuaskan dalam pelajaran ini. Oleh sebab itu banyak ahli yang tertarik untukmengetahul hal-hal yang melatar belakangi tidak disukainya aritmatika verbal ini.Setiap bentuk kalimat yang digunakan dalam persoalan aritmatika verbalmemberikan pengaruh yang berbeda-beda pada derajat kesulitan persoalan aritmatikaverbal. Dari beberapa tipe persoalan aritmatika verbal yang ada, tipe perbandinganlahyang tidak dltemui pada buku-buku pelajaran matematika untuk kelas 2 SD. Memanguntuk dapat rnemecahkan persoalan tipe perbandingan ini dlperlukan pemahamansimetri bahasa. Keterampilan kognitif yang dilibatkan dalam pemahaman simetribahasa adalah reciprocity. Sesungguhnya keterampilan kognitif ini sudah mulai berkembang pada anak yang berada pada masa awal tahap perkembangan kognitifKongkrit operasional ini. Namun setiap anak tldak melalui tahap perkembangankognitif pada usia yang persis sama. Dengan demikian pada siswa kelas 2 SD inimungkin saja mereka telah memiliki kemampuan ini, dan mungkin pula belum. Akantetapi bila mengacu pada pendapat dari Bruner, suatu keterampilan kognitif dapatdiberikan kepada seseorang.Berdasarkan hal ini, maka diduga pemahaman simetri bahasa dapat diberikanmelalui pelatihan, dan anak yang telah mendapatkan pelatihan ini akan berhasil dalammemecahkan persoalan aritmatika verbal. Maka dirumuskanlah masalah yang akandijawab dalam penelitian inl, yaitu ?apakah pemahaman simetri bahasamempengaruhi pemecahan persoalan aritmatika verbal?"Sampel dalarn penelitian lni adalah siswa kelas 2 SD, yang dibagi ke dalam duakelompok, yaitu kelompok yang mendapatkan pelatihan simetri bahasa, dan kelompokyang tidak mendapatkan pelatihan simetri bahasa. Untuk dapat menunjukkan adanyaperbedaan kemampuan dalam memecahkan persoalan aritmatika verbal diantarakedua kelompok tersebut, dilakukan pengujian melalui disain penelitian RandomizedTwo-Group Design, Posttest Only.Dari data yang diperoleh, hipotesa nol ditolak, dan hipotesa alternatif diterima,artinya mean skor aritmatika verbal ?kelompok yang mendapatkan pelatihan simetribahasa' lebih tinggi secara bermakna (l.o.s 0.05) dibandingkan mean skor aritmatikaverbal 'kelompok yang tidak mendapatkan pelatihan simetri bahasaa. Hasil penelitianini diharapkan dapat berguna bagi kajian ilmiah selanjutnya, dan dapat dimanfaatkanuntuk meningkatkan kemampuan pemecahan persoalan pada siswa SD. |
![]()
|
No. Panggil : | S2616 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | iv, 86 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2616 | 14-18-064014230 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286786 |