:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran pengetahuan stereotif jender pada anak usia sekolah di Jakarta (Suatu penelitian terhadap dua kelompok usia sekolah di SDK Tarakanita III di Jakarta)

Naiborhu, Yunita; Soemiarti Patmonodewo, supervisor; Hannv Savitri. W, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Pada saat Ini bangsa Indonesia sedang berusaha untuk
mensukseskan kemitrasejajaran antara pria dan wanita di segala bidang, Hal
ini disebabkan karena ternyata di negara-negara berkembang seperti
Indonesia, terdapat perbedaan yang cukup besar antara pria dan wanita
dalam bidang pendidikan, pekerjaan dan kesehatan. Bangsa Indonesia yang
sedang berkembang ini membutuhkan sumber daya manusia, tidak terkecuall
pria maupun wanita. Oleh karena itu, pemberian kesempatan pada wanita
pada bidang-bidang tersebut tentunya diharapkan dapat membantu
mengembangkan sumber daya manusia Indonesia secara optimal
Perbedaan perlakuan maupun kesempatan yang diberikan kepada pria
dan wanita ini disebabkan karena adanya keyakinan di dalam masyarakat bahwa laki-laki dan perempuan berbeda, dan keyakinan ini disebut stereotip
jender. Stereotip-stereotip yang diberikan kepada laki-laki dan perempuan
menyebabkan masyarakat beranggapan bahwa kedua jenis kelamin memiliki
perannya masing-masing, sesuai jendernya.
Anak, yang merupakan sumber daya pembangunan di masa yang akan
datang telah 'menerima' stereotip-stereotip tersebut melalui orang tua. Ketika
anak memasuki usia sekolah, anak mempelajari stereotip ini melalui guru,
teman sebaya dan dari berbagai media seperti buku dan televisi. Selain
berbagai faktor yang bertambah kompleks ini. secara kognitif anak usia
sekolah telah mencapai tahapan perkembangan kognitif yang disebut tahap
ketetapan jender. Setelah anak mencapai tahap ini barulah anak secara
sistematis memasukkan ide-ide stereotip ini ke dalam dirinya. Oleh karena itu
peneliti tertarik untuk meneliti sejauhmana pengetahuan anak usia sekolah
terhadap stereotip jender ini. yang 'berasal' dari orang dewasa. serta melihat
gambaran perkembangan pengetahuan stereotip jender tersebut pada
kelompok usia 8-9 serta 11-12 tahun.
Dari berbagai penelitian stereotip jender juga ditemukan bahwa ada
kecenderungan anak laki-laki untuk memiliki keyakinan yang stereotipis
dibandingkan dengan anak perempuan. Oleh karena itu. melalui penelitian ini
peneliti juga akan melihat adakah perbedaan antara pengetahuan stereotip
jender anak laki-laki dan perempuan.
Penelitian ini menggunakan alat yang disebut The Children's Sex
Stereotype Measure II yang telah digunakan di berbagai negara, antara lain
Pakistan, Malaysia, Jepang, Singapura, India, Amerika. Kanada dan
Perancls. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 60 subyek
yang berusia 8-9 tahun serta 60 subyek yang 11-12 tahun sehingga total
subyek berjumlah 120 orang dan diperoleh dengan menggunakan tehnik
incidental sampling. Subyek berasal dari golongan sosial ekonomi menengah
atas di Jakarta.
Hasil utama yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada
kecenderungan meningkatnya pengetahuan anak terhadap stereotip-stereotip
laki-laki dan perempuan dan pengetahuan anak usia ini sudah hampir
menyerupai pengetahuan stereotip jender orang dewasa. Dari hasil penelitian
juga diperoleh beberapa stereotip yang belum diasosiasikan oleh salah satu
dari kedua jenis kelamin oleh anak usia ini.
Melalui uji signifikansi peneliti juga memperoleh hasil tidak adanya
perbedaan antara anak usia 8-9 tahun dengan 11-12 tahun dalam
pengetahuan stereotip jender, serta tidak ada perbedaan antara anak laki-laki
dalam pengetahuan stereotip jender.
Hasil tersebut diduga karena faktor sosialisasi orang tua serta
lingkungan yang relatif sama antara anak laki-laki dan perempuan yang
berasal dari golongan sosial ekonomi menengah atas di Jakarta. Selain itu,
mungkin faktor alat , khususnya jumlah item yang relatif sedikit diduga berperan dalam hasil yang tidak signifikan ini. Oleh sebab itu di dalam
peneiitian selanjutnya peneliti menyarankan untuk mengambil berbagai
sampel yang lebih variatif, serta menyempurnakan alat peneiitian ini.

 File Digital: 1

Shelf
 S2710-Yunita Naiborhu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S2710
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 116 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2710 14-18-183102482 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286879