Gambaran pengetahuan stereotif jender pada anak usia sekolah di Jakarta (Suatu penelitian terhadap dua kelompok usia sekolah di SDK Tarakanita III di Jakarta)
Naiborhu, Yunita;
Soemiarti Patmonodewo, supervisor; Hannv Savitri. W, supervisor
([Publisher not identified]
, 1997)
|
ABSTRAK Pada saat Ini bangsa Indonesia sedang berusaha untukmensukseskan kemitrasejajaran antara pria dan wanita di segala bidang, Halini disebabkan karena ternyata di negara-negara berkembang sepertiIndonesia, terdapat perbedaan yang cukup besar antara pria dan wanitadalam bidang pendidikan, pekerjaan dan kesehatan. Bangsa Indonesia yangsedang berkembang ini membutuhkan sumber daya manusia, tidak terkecuallpria maupun wanita. Oleh karena itu, pemberian kesempatan pada wanitapada bidang-bidang tersebut tentunya diharapkan dapat membantumengembangkan sumber daya manusia Indonesia secara optimalPerbedaan perlakuan maupun kesempatan yang diberikan kepada priadan wanita ini disebabkan karena adanya keyakinan di dalam masyarakat bahwa laki-laki dan perempuan berbeda, dan keyakinan ini disebut stereotipjender. Stereotip-stereotip yang diberikan kepada laki-laki dan perempuanmenyebabkan masyarakat beranggapan bahwa kedua jenis kelamin memilikiperannya masing-masing, sesuai jendernya.Anak, yang merupakan sumber daya pembangunan di masa yang akandatang telah 'menerima' stereotip-stereotip tersebut melalui orang tua. Ketikaanak memasuki usia sekolah, anak mempelajari stereotip ini melalui guru,teman sebaya dan dari berbagai media seperti buku dan televisi. Selainberbagai faktor yang bertambah kompleks ini. secara kognitif anak usiasekolah telah mencapai tahapan perkembangan kognitif yang disebut tahapketetapan jender. Setelah anak mencapai tahap ini barulah anak secarasistematis memasukkan ide-ide stereotip ini ke dalam dirinya. Oleh karena itupeneliti tertarik untuk meneliti sejauhmana pengetahuan anak usia sekolahterhadap stereotip jender ini. yang 'berasal' dari orang dewasa. serta melihatgambaran perkembangan pengetahuan stereotip jender tersebut padakelompok usia 8-9 serta 11-12 tahun.Dari berbagai penelitian stereotip jender juga ditemukan bahwa adakecenderungan anak laki-laki untuk memiliki keyakinan yang stereotipisdibandingkan dengan anak perempuan. Oleh karena itu. melalui penelitian inipeneliti juga akan melihat adakah perbedaan antara pengetahuan stereotipjender anak laki-laki dan perempuan.Penelitian ini menggunakan alat yang disebut The Children's SexStereotype Measure II yang telah digunakan di berbagai negara, antara lainPakistan, Malaysia, Jepang, Singapura, India, Amerika. Kanada danPerancls. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 60 subyekyang berusia 8-9 tahun serta 60 subyek yang 11-12 tahun sehingga totalsubyek berjumlah 120 orang dan diperoleh dengan menggunakan tehnikincidental sampling. Subyek berasal dari golongan sosial ekonomi menengahatas di Jakarta.Hasil utama yang diperoleh dari penelitian ini adalah adakecenderungan meningkatnya pengetahuan anak terhadap stereotip-stereotiplaki-laki dan perempuan dan pengetahuan anak usia ini sudah hampirmenyerupai pengetahuan stereotip jender orang dewasa. Dari hasil penelitianjuga diperoleh beberapa stereotip yang belum diasosiasikan oleh salah satudari kedua jenis kelamin oleh anak usia ini.Melalui uji signifikansi peneliti juga memperoleh hasil tidak adanyaperbedaan antara anak usia 8-9 tahun dengan 11-12 tahun dalampengetahuan stereotip jender, serta tidak ada perbedaan antara anak laki-lakidalam pengetahuan stereotip jender.Hasil tersebut diduga karena faktor sosialisasi orang tua sertalingkungan yang relatif sama antara anak laki-laki dan perempuan yangberasal dari golongan sosial ekonomi menengah atas di Jakarta. Selain itu,mungkin faktor alat , khususnya jumlah item yang relatif sedikit diduga berperan dalam hasil yang tidak signifikan ini. Oleh sebab itu di dalampeneiitian selanjutnya peneliti menyarankan untuk mengambil berbagaisampel yang lebih variatif, serta menyempurnakan alat peneiitian ini. |
S2710-Yunita Naiborhu.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2710 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 116 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2710 | 14-18-183102482 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286879 |