Profil mengajar Dosen Universitas Indonesia yang berusia lanjut (Studi terhadap 16 Dosen UI dari 6 Fakultas di Kampus Baru Depok)
Ellya Poespitasari;
Dini P. Daengsari, supervisor
([Publisher not identified]
, 1999)
|
ABSTRAK Dengan semakin majunya perekonomian di Indonesia yangberakibat positif bagi perbaikan lingknngan hidup dan kemajuan ilmupengetahuan, khususnya di bidang kedokteran telah meningkatkanharapan hidup manusia dan diperkirakan akan meningkatkan jumlahorang usia lanjut mencapai 19 juta orang (Kompas, 1992). Jumlah 19 jutaini bukanlah jumlah yang sedikit dan tampaknya dapat berpengaruhpada kehidupan ekonomi negara. Oleh karena itu perlu dipikirkanuntuk menjadikan usia lanjut tetap produktif^ sehingga mereka bukanlagi menjadi beban imtuk perekonomian negara tetapi justru menjadimodal perekonomian.Menjadi tenaga pengajar diasumsikan akan menjadi profesi yangtepat bagi para usia lanjut Selain tidak mengandalkan kekuatan fisiksemata, dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman yang lebih tinggimenjadikan kelompok usia lanjut dapat menjadi lebih imggul daripadakelompok usia lainnya, karena tidak dipungkiri bahwa seiring denganbertambahnya usia maka pengetahuan dan pengalaman yang bersifatakumulatif yang dimilikinya juga bertambah. Mereka menjadibijaksana dalam. menilai dan menghadapi masalah yang ada (Schrank& waring, 1983). Keuntungan lainnya, sebagai masyarakat budaya timur,kita masih memiliki budaya masyarakat yang menempatkan para usialanjut sebagai kelompok pemikir dalam mengambil keputusan danjawaban dari masalah yang ada. Selain itu, stimulasi intelektual yangdidapat dengan tetap mengajar merupakan hal yang penting untuk tetapmenjaga seorang usia lanjut agar tetap sehatNamun dalam era globalisasi dan informasi ini temyata menjadipengajar belum tentu merupakan pekerjaan yang mudah bagi usialanjut. Sebab, salah satu akibat dari adanya perubeihan yang cepat adalahsemakin banyaknya tuntutan dan kritikan terhadap dunia pendidikan.Perguruan tinggi yang tidak mampu mencetak tenaga-tenaga terampddan berkuaUtas, tidak akan dapat beradaptasi dengan prosespembangunan nasional yang makin melaju dengan cepat. Denganadanya tuntutan untuk membentuk mahasiswa yang berkualitas, makaperan dosen semakin berat. |
![]()
|
No. Panggil : | S2719 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 108 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2719 | 14-18-526643678 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286888 |