:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Efektivitas penggunaan humor terhadap peningkatan Brand Awareness konsumen remaja

Dewi Saraswati; Anggadewi Moesono, supervisor; Hartanto Brotoharsojo, supervisor ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
lklan merupakan media promosi yang sangat tepat dalam memasarkan
produk kepada konsumen secara persuasif dan dianggap sangat membantu
pencapaian tujuan pemasaran. Dalam hal ini konsumen akan mengingat dan
belajar tentang isi pesan iklan hingga akhirnya ia akan membelinya. Dengan iklan
diharapkan informasi tentang produk atau jasa dapat menjangkau sejumlah
orang dalam skala besar pada kurun waktu yang singkat.
Walaupun persaingan iklan di televisi akhir-akhir ini terus meningkat,
media cetak - majalah, surat kabar, tabloid- akan tetap tumbuh dan berkembang.
Dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti bagaimana kemungkinan berfungsinya
iklan cetak secara optimal walau hanya melibatkan indera penglihatan saja.
Elemen penting iklan cetak dalam pembuatan suatu iklan adalah ilustrasi
dan headline. Elemen inilah yang dimanipulasi oleh para pembuat iklan, agar
orang-orang yang melihalnya akan lebih memperhatikan, mengingat dan suatu
saat akan membeli produk yang ditawarkan.
llustrasi dianggap sebagai unsur yang paling penting dalam elemen iklan
media cetak. llustrasi dianggap sebagai unsur yang dominan dan kehadiran
headline berfungsi sebagai penjelasan tambahan dari ilustrasi. Tanpa kehadiran
ilustrasi, memiliki beban yang berat untuk menarik perhatian dan menggiring
pembaca untuk membaca keseluruhan tentang iklan dalam copy dan headline.
Dalam penelitian ini, peneliti melihat ilustrasi sebagai faktor utama untuk
menarik perhatian pembaca dalam mengingat isi pesan iklan yang ditawarkan.
Maka ilustrasi akan dimanipulasi untuk melihat pengaruhnya terhadap
kemampuan mengingat kembali setelah ditayangkannya suatu produk iklan.

Agar produknya Iebih dapat diingat konsumen, maka produsen harus
berusaha menciptakan daya tarik pesan yang menarik. Pendekatan humor
merupakan cara yang efektif unluk mendapatkan perhatian. Diketahui bahwa
iklan dengan pendekatan humor memberikan perhatian yang lebih besar
dibandingkan dengan iklan non humor. lklan yang menggunakan humor dapat
memancing kesadaran dan perhatian khalayak. Hal ini dikarenakan rasa humor
dimiliki hampir setiap orang. Oleh karena itu kini banyak iklan yang
menggunakan humor dalam mempengaruhi khalayak konsumen. Dengan
demikian, humor dalam iklan dapat bermanfaat untuk meningkatkan recall dan
retensi dari pembaca iklan.
Namun demikian membuat iklan yang mengandung humor ternyata
tidaklah mudah. Humor dalam iklan mempunyai beberapa kendala, antara lain
yang disebabkan oleh media yang dipergunakan. lklan humor untuk media
elektronik (radio dan tv) Iebih mudah dibuat dibandingkan untuk media cetak.
Hal ini disebabkan dampak humor lebih terasa akibat pengaruh mimik, gerakan,
dan penekanan suara. Sedangkan untuk media cetak, kekuatan humor
penekanannya Iebih pada ilustrasi gambar dan headline. Sebab hal utama yang
pertama kali dilihat oleh pembaca adalah melalui penampilan ilustrasi maupun
kalimat iklan, sehingga harus dibuat suatu isi pesan yang benar-benar
meninggalkan kesan.
Hal yang terpenting dalam penayangan iklan adalah keefektifan isi pesan
iklan dalam mencapai tujuan kampanye periklanan, yaitu tahapan awareness;
kesadaran produk yang meliputi kesadaran akan merek dan keterangan tentang
produk yang ditawarkan. Kesadaran akan produk memiliki fungsi seleksi yang
paling awal sebelum terjadinya suatu tingkah laku. Selain itu kesadaran
melibatkan atensi yang memegang peranan penting dalam proses persepsi
seseorang. Salah satu implikasi dari tahapan kesadaran ini adalah sadar tentang
adanya suatu barang atau jasa dengan merek tertentu yang sering disebut Brand
Awareness. Oleh karena itu peneliti ini ingin melihat apakah ilustrasi humor
Iebih efektif dalam meningkatkan brand awareness seseorang dibandingkan
ilustrasi non humor?
Penelitian ini akan menggunakan remaja sebagai subyek penelitian,
karena kalangan ini merupakan pemakai produk-produk yang ditawarkan dalam
penelitian serta dianggap memiliki andil yang besar dalarn memutuskan
pembelian suatu barang di dalam keluarga. Pengambilan sampel dilakukan
secara incidental sampling. Disain penelitian yang dipergunakan adalah repeated
treatments atau within-group design with one independent variable post test
only. Di mana satu iv yang terdiri dari dua varitas dimanipulasikan pada subyek
yang sama.
Dari penelitian ini ternyata diperoleh hasil bahwa penggunaan iklan
humor Iebih efektif daripada penggunaan iklan non humor dalam mengingat isi pesan iklan pada media cetak. Hal ini dikarenakan skor brand recall test
pembaca remaja pada iklan cetak yang menggunakan ilustrasi humor lebih besar
secara signifikan dibandingkan skor brand recall test ilustrasi non humor. Untuk
penelitian Iebih lanjut disarankan untuk menggunakan satu jenis produk dengan
berbagai merek, memilih kelompok jenis produk yang lain, menambah jumlah
materi yang dipelajari, menggunaakan warna kromatis, merinci variasi humor,
mempertimbangkan faktor gambar dinamis dan jenis kelamin, serta melakukan
penelitian tunda setelah selang waktu yang cukup lama.

 File Digital: 1

Shelf
 S2730-Dewi Saraswati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S2730
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2730 14-18-784007121 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286897