ABSTRAK lklan merupakan media promosi yang sangat tepat dalam memasarkanproduk kepada konsumen secara persuasif dan dianggap sangat membantupencapaian tujuan pemasaran. Dalam hal ini konsumen akan mengingat danbelajar tentang isi pesan iklan hingga akhirnya ia akan membelinya. Dengan iklandiharapkan informasi tentang produk atau jasa dapat menjangkau sejumlahorang dalam skala besar pada kurun waktu yang singkat.Walaupun persaingan iklan di televisi akhir-akhir ini terus meningkat,media cetak - majalah, surat kabar, tabloid- akan tetap tumbuh dan berkembang.Dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti bagaimana kemungkinan berfungsinyaiklan cetak secara optimal walau hanya melibatkan indera penglihatan saja.Elemen penting iklan cetak dalam pembuatan suatu iklan adalah ilustrasidan headline. Elemen inilah yang dimanipulasi oleh para pembuat iklan, agarorang-orang yang melihalnya akan lebih memperhatikan, mengingat dan suatusaat akan membeli produk yang ditawarkan.llustrasi dianggap sebagai unsur yang paling penting dalam elemen iklanmedia cetak. llustrasi dianggap sebagai unsur yang dominan dan kehadiranheadline berfungsi sebagai penjelasan tambahan dari ilustrasi. Tanpa kehadiranilustrasi, memiliki beban yang berat untuk menarik perhatian dan menggiringpembaca untuk membaca keseluruhan tentang iklan dalam copy dan headline.Dalam penelitian ini, peneliti melihat ilustrasi sebagai faktor utama untukmenarik perhatian pembaca dalam mengingat isi pesan iklan yang ditawarkan.Maka ilustrasi akan dimanipulasi untuk melihat pengaruhnya terhadapkemampuan mengingat kembali setelah ditayangkannya suatu produk iklan.Agar produknya Iebih dapat diingat konsumen, maka produsen harusberusaha menciptakan daya tarik pesan yang menarik. Pendekatan humormerupakan cara yang efektif unluk mendapatkan perhatian. Diketahui bahwaiklan dengan pendekatan humor memberikan perhatian yang lebih besardibandingkan dengan iklan non humor. lklan yang menggunakan humor dapatmemancing kesadaran dan perhatian khalayak. Hal ini dikarenakan rasa humordimiliki hampir setiap orang. Oleh karena itu kini banyak iklan yangmenggunakan humor dalam mempengaruhi khalayak konsumen. Dengandemikian, humor dalam iklan dapat bermanfaat untuk meningkatkan recall danretensi dari pembaca iklan.Namun demikian membuat iklan yang mengandung humor ternyatatidaklah mudah. Humor dalam iklan mempunyai beberapa kendala, antara lainyang disebabkan oleh media yang dipergunakan. lklan humor untuk mediaelektronik (radio dan tv) Iebih mudah dibuat dibandingkan untuk media cetak.Hal ini disebabkan dampak humor lebih terasa akibat pengaruh mimik, gerakan,dan penekanan suara. Sedangkan untuk media cetak, kekuatan humorpenekanannya Iebih pada ilustrasi gambar dan headline. Sebab hal utama yangpertama kali dilihat oleh pembaca adalah melalui penampilan ilustrasi maupunkalimat iklan, sehingga harus dibuat suatu isi pesan yang benar-benarmeninggalkan kesan.Hal yang terpenting dalam penayangan iklan adalah keefektifan isi pesaniklan dalam mencapai tujuan kampanye periklanan, yaitu tahapan awareness;kesadaran produk yang meliputi kesadaran akan merek dan keterangan tentangproduk yang ditawarkan. Kesadaran akan produk memiliki fungsi seleksi yangpaling awal sebelum terjadinya suatu tingkah laku. Selain itu kesadaranmelibatkan atensi yang memegang peranan penting dalam proses persepsiseseorang. Salah satu implikasi dari tahapan kesadaran ini adalah sadar tentangadanya suatu barang atau jasa dengan merek tertentu yang sering disebut BrandAwareness. Oleh karena itu peneliti ini ingin melihat apakah ilustrasi humorIebih efektif dalam meningkatkan brand awareness seseorang dibandingkanilustrasi non humor?Penelitian ini akan menggunakan remaja sebagai subyek penelitian,karena kalangan ini merupakan pemakai produk-produk yang ditawarkan dalampenelitian serta dianggap memiliki andil yang besar dalarn memutuskanpembelian suatu barang di dalam keluarga. Pengambilan sampel dilakukansecara incidental sampling. Disain penelitian yang dipergunakan adalah repeatedtreatments atau within-group design with one independent variable post testonly. Di mana satu iv yang terdiri dari dua varitas dimanipulasikan pada subyekyang sama.Dari penelitian ini ternyata diperoleh hasil bahwa penggunaan iklanhumor Iebih efektif daripada penggunaan iklan non humor dalam mengingat isi pesan iklan pada media cetak. Hal ini dikarenakan skor brand recall testpembaca remaja pada iklan cetak yang menggunakan ilustrasi humor lebih besarsecara signifikan dibandingkan skor brand recall test ilustrasi non humor. Untukpenelitian Iebih lanjut disarankan untuk menggunakan satu jenis produk denganberbagai merek, memilih kelompok jenis produk yang lain, menambah jumlahmateri yang dipelajari, menggunaakan warna kromatis, merinci variasi humor,mempertimbangkan faktor gambar dinamis dan jenis kelamin, serta melakukanpenelitian tunda setelah selang waktu yang cukup lama. |