ABSTRAK Child-Rearing Practices Report (CRPR) merupakan suatu alat yangdikembangkan oleh Block (1981) untuk mengukur praktek pengasuhan yangdijalankan orang tua pada anak tertentu. Terdiri 91 item yang berisi nilai-nilai,sikap-sikap, dan tujuan-tujuan dari pengasuhan item-item ini dihasilkan dariobservasi empirik interaksi ibu terhadap anaknya, Iaporan-laporan perilaku, danliteratur-Iiteratur sosialisasi.Dalam penelitian pendahuluan terhadap CRPR, Kochanska, Kuchynski, danRadke-Yarow (1982) telah mendapatkan dua bentuk pola pengasuhan padaCRPR, yaitu pola authoritative dan pola authoritarian. Berdasarkan hal tersebutmaka dalam penelitian ini peneliti akan meneliti struktur faktor dari CRPRberdasarkan karakteristik pola pengasuhan pada orangtua pada budayaIndonesia, yaitu otoritatif, otoriter, dan permisif (Baumrind, 1967).Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor dengan rotasi varimaksuntuk 3 kelompok faktor berdasarkan ketiga pola pengasuhan yang ada. CRPRyang telah diadaptasi dibuat dalam bentuk kuesioner dengan 6 alternatif jawabanskala Likert, yaitu untuk alternatif 1= sangat tidak sesuai dengan sikap dan carasaya, sampai alternatif 6= sangat sesuai dengan sikap dan cara saya.Subyek yang digunakan adalah ibu untuk praktek pengasuhan pada anakusia sekolah (6-12 tahun). Dipilihnya subyek ibu karena, ibulah yang berada padagaris depan pengasuhan anak, dan banyak berhadapan dengan anak dalamkesehariannya. Sedangkan dipilihnya anak usia sekolah sebagai objekpengasuhan karena pada masa ini pengasuhan yang dijalankan orangtua sudahmembentuk pola yang stabil dan intensif sebagai usaha untuk melatih kontrol dandisiplin pada anak usia sekoIah. Penarikan sampel dalam penelitian inimenggunakan teknik proportional purposive accidental sampling.Jumlah subyek yang terjaring adalah 302 orang yang berasal dari berbagaitingkat sosial ekonomi dan pendidikan di daerah Jakarta Selatan. Diambil dari orang tua murid SDN 02 Ulujami , SDN O3 Cipulir, SDN O7 Petukangan, dan SDIAl-lzhar Pondok Labu Jakarta Selatan.Hasil dari penelitian ini didapatkan dua bentuk pola pengasuhan yaitu jenisotoritatif (N=26) dan otoriter (N=14), dengan Cronbach Alpha masing-masinguntuk pola asuh otoritatif 0,89, dan pola asuh otoriter O,79. Sedangkan polapermisif tidak tergambarkan. Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitianKochanska, Kuchynski, dan Radke-Yarrow (1982) yang juga hanya menemukandua bentuk pola pengasuhan pada CRPR, yaitu otoritatif dan otoriter.Disarankan agar jumlah sampel diperbanyak, dan penelitian juga sebaiknyadilengkapi dengan observasi. Dengan didapatkannya dua bentuk pola pengasuhandari CRPR maka disarankan untuk melakukan penelitian Iebih lanjut untuk melihatdampak pengasuhan ini pada anak usia sekolah, khususnya dalam beberapaaspek perkembangan, yaitu aspek mental, emosi, dan sosial. |