Pemahaman mengenai isi dan pesan Moral Fabel pada anak usia 5-12 tahun
Palupi, Hanasatya Westri;
Hera Lestari Mikarsa, supervisor
([Publisher not identified]
, 1999)
|
ABSTRAK Salah satu dongeng dengan tokoh binatang yang sarat dengan pesan moral yangimplisit adalah fabel. Untuk memahami pesan moral dalam fabel dibutuhkankemampuan untuk menafsirkan dan menyimpulkannya dari keseluruhan isi cerita.Pemahaman oleh Bloom dibagi ke dalam 3 tingkatan, yaitu translation,interpretation, dan extrapolation. Ketika seorang anak dapat memahami isi fabelpada tingkal interpretation pesan moral fabel dapat dipahami. Di antara rentangusia 5-I2 tahun, baru pada usia 8-9 tahun, pada tahap operasional konkrit, anakdiperkirakan mulai mampu menafsirkan pesan moral fabel ini, sedangkan padausia 5-6 tahun anak belum mampu melakukannya. Walaupun belum semua anaktelah mampu memahami pesan moral fabel, penelitian ini ingin melihat tingkatpemahaman mengenai isi fabel secara umum pada kelompok usia 5-6 tahun, 8-9 tahun, dan 11-12 tahun, yang mewakili tahap praoperasional, operasional konkrit,dan operasional formal menurut tahapan perkembangan kognitif Piaget.Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara mengenai dua buahfabel yang diperdengarkan dari kaset rekaman suara orang bercerita dan hasilnyadinilai dengan kriteria yang telah disusun. Analisis dilakukan dengan melakukanperhitungan persentase dan pengkategorian tingkat pemahaman. Reliabilitasdalam penilaian dilakukan dengan menggunakan interscorer reliability.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memahami isi fabel, umumnya anakpada kelompok usia 5-6 tahun memahami fabel pada tingkat translation, anakkelompok usia 8-9 tahun pada tingkat interpretation, dan anak kelompok usia11-12 tahun telah memahaminya pada tingkat extrapolation. Sedangkan dalammemahami pesan moral fabel, umumnya anak usia 5-6 tahun belum dapatmemahami pesan moral ini, anak usia 8-9 tahun berkisar antara belum paham danmulai memahaminya, dan anak usia 11-12 tahun berkisar antara mulai paham dansudah dapat memahami pesan moral fabel.Perbedaan tingkat pemahaman mengenai isi dan pesan moral fabel yangditunjukkan oleh hasil penelitian ini selain disebabkan oleh perbedaan keabstrakanpemikiran para subyek, juga mungkin disebabkan oleh perbedaan popularitaspesan moral antara kedua cerita atau pun belum adanya suatu konsep nilai moraldalam jaringan informasi anak. Maka, pesan moral fabel harus disajikan secaraeksplisit kepada anak-anak usia 5-6 tahun. |
S2737-Hanasatya Westri Palupi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2737 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 79 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2737 | 14-18-303823101 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286902 |