Karakteristik pengasuhan ayah pada anak usia sekolah (Penelitian diskriptif pada ayah dari anak kelas VI Sekolah Dasar yang berprestasi belajar tinggi dan rendah)
Vitriani Sumarlis;
Ediasri T. Atmodiwirjo, supervisor; Shinto B. Adelar, supervisor
([Publisher not identified]
, 1997)
|
ABSTRAK Menumt Erikson (dalam Hamner & Turner, 1990) krisis perkembangan yangdialami anak pada masa usia sekolah adalah industry vs inferiority. Keberhasilananak mengatasi krisis in! akan menimbulkan rasa industri yang akan membentukkonsep diri yang posltif. Rasa industri seorang anak pada masa ini sangatditentukan oleh prestasi belajamya di sekolah (Erikson dalam Hjelle & Ziegler1991).Prestasi belajar anak di sekolah ditentukan oleh banyak faktor, salahsatunya adalah keluarga karena dalam perkembangan seorang anak tidak adapengalaman lain yang bisa mempengaruhi anak sebanyak pengaruh hubunganorangtua dan anak (Turner & Helms, 1991). Orangtua melalui interaksinya dengananak dalam proses pengasuhan dapat berperan dalam upaya pencapaian prestasi'belajar anak.Berkaitan dengan peran orangtua, secara tradisional pengasuhan dalam artimendidik dan membesarkan anak lebih dibebankan kepada ibu. Peran ayah lebihdikaitkan dengan peran sebagai pendukung ekonomi yang membutuhkanketerampilan dan kemampuan intelektual (Signer, 1994; Hamner & Turner, 1990;Parsons & Bales dalam Signer 1994; Phares, 1996) sehingga keterllbatan ayahdalam pengasuhan anak tidak mendalam. Namun jaman berkembang dan jumlahwanita yang bekerja meningkat. Ayah pun mulai dituntut untuk terlibat dalampengasuhan anak.Beberapa basil penelitian menunjukkan bahwa ayah memiliki kemampuanyang sama dengan Ibu dalam mengasuh anak. Penelitian lain pun menunjukkanbahwa keteriibatan ayah dalam pengasuhan dapat berpengaruh terhadapkeseluruhan perkembangan sosial, emoslonal dan Intelektual anak (Crouter &Jenkins 1987)^ Khususnya bag! anak usia sekolah pengaruh ayah lebihditekankan pada perkembangan intelektual anak dalam kaltannya dalam pencapaian prestasi belajar. Karakteristik-karakteristik tertentu yang ditampilkanayah selama proses pengasuhan -hangat atau kontrol- akan berpengaruh bagipencapaian prestasi belajar anak. Dari beberapa peneiitian yang dilakukan oiehRadin (1981) terhadap ayah anak prasekolah menunjukkan bahwa terdapathubungan yang positif antara kehangatan yang diberikan ayah dengan fungsiintelektual dan prestasi belajar anak. Sedangkan kontrol ayah berhubungan negatifdengan prestasi belajar anak. Di Indonesia, peneiitian Yusuf (1996) menunjukkanbahwa kebanyakan orangtua siswa yang berprestasi unggul memiliki pengasuhanyang cenderung demokratis maupun tidak demokratis. Oleh karena itu, peneiitianini akan melihat bagaimanakah karakteristik pengasuhan ayah anak usia sekolahyang berprestasi belajar tinggi dan rendah.Peneiitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk memperolehgambaran mengenai dua kelompok sampel yaitu para ayah yang memiliki anakusia sekolah berprestasi belajar tinggi dan rendah. Subjek peneiitian ini adalah 65orang ayah. Mereka memiliki anak yang duduk di kelas Vl sekolah dasar dantergolong siswa yang berprestasi belajar tinggi dan rendah. Pengambilan sampelakan dilakukan dengan menggunakan metode purposive. Mat pengumpul datayang digunakan adalah kuesioner yang diberikan kepada para ayah dari keduakelompok ayah tersebut.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kebanyakan ayah dalampeneiitian ini memiliki tingkat kehangatan dan kontrol yang tinggi dalampengasuhan. Saran bagi peneiitian yang akan datang adalah menyeimbangkanjumlah item pengasuhan ayah yang hangat dan kontrol serta membandingkantingkat pendidikan, tingkat pendidikan yang diharapkan maupun yang diharuskanayah dan ibu. Untuk peneiitian serupa, diharapkan dapat memperbesar jumlahsampel sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang variabelvariabelyang berkaitan dengan pengasuhan ayah seperti faktor budaya,pengalaman bersama ayah atau karakteristik kepribadian ayah. |
S2743-Vitriani Sumarlis.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2743 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 121 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2743 | 14-18-915752360 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286908 |