Hubungan antara goals orientation dengan learned helplessness dalam pelajaran matematika pada siswa SMP (Suatu penelitian terhadap siswa kelas I SMP Al-Azhar, Jakarta)
Mulia Sari Dewi;
Soetarlinah Soekadji, supervisor
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK Teori Goals orientation menjelaskan kinerja dan proses belajaranak dalam tugas-tugas akademik dan lingkungan sekolah (Pintrich,1996). Lebih lanjut lagi i^oal orientation menjelaskan alasan-alasanmengapa siswa berusaha untuk mencapai prestasi akademis (Ames, 1992;Dweck & Legget, 1998; Nicholls 1984 dalam Wentzel 1998). Para ahligoal orientation menemukan dua tipe goal yang diadopsi siswa yangdapat mempengaruhi pelibatan siswa dalam tugas yaitu fask-invoh edorientation dan ego-involved orientation (Nicholls, 1984 dalam Pintrich,1996) yang memiliki perbedaan dalam memandang kemampuan danusaha.. Siswa yang mengadopsi task-involved oriental ion adalah yangmemiliki keinginan untuk memperoleh prestasi atau sukses Nan berasaldari proses belajar melalui minat terhadap pengembangan keterampilanbaru, penguasaan terhadap tugas, perbaikan kemampuan dan kinerja-danmenjadikan kemajuan diri sendiri sebagai acuan kesuksesan. Sedangkansiswa yang mengadopsi ego-involved orientation memiliki keinginanmencapai sukses yang berasal dari penilaian orang lain terhadaphasil/performansi pada tugas, hal ini disebabkan oleh keyakinan bahwahasil/performansi yang tinggi disebabkan oleh kemampuan yang tinggijuga. Dilain pihak kesulitan atau kegagalan adalah hal yang biasaditemui ketika mempeiajari sesuatu terutama peiajaran matematika.Namun sering kali terjadi bila individu mengalami kegagalan yangberulang-ulang terjadi perubahan performansi berupa kinerja- yangmemburuk yang disebabkan oleh keyakinan bahwa hasil yang diperolehtidak ada hubungannya dengan usaha melainkan dipengaruhi oleh faktor diluarnya, individu yang demikian dikatakan mengalami learned helpless(Diener & Dweck, 1978 dalam Hokoda & Fincham, 1995).Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dua tipegoal orienfation dengan pola motivasi learned helplessness. Elliot danDweck (1988 dalam Hokoda &. Fincham) menyebutkan bahwa anak-anakyang berpola motivasi helpless memiliki ego-involved orienia/ion,sedangkan anak-anak dengan pola motivasi mastery-oriented memilikitask-involved orientation. Maka dapat ditegakan hipotesis bahwa taskinvolvedberhubungan negatif dan sigifikan dengan learned helplessnesssedangkan ego-involved berhubungan positif yang signifikan denganlearned helplessness.Selanjutnya dilakukan penelitian terhadap siswa kelas 1 SMP Al-Izhar, Jakarta. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner goalorientation dan kuesioner learned helplessness pada pelajaranmatematika. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Pearson'sProduct Moment. Dari hasil perhitungan ditemukan bahwa task-involvedorientation berhubungan negatif yang signifikan dengan learnedhelplessness (r=-0,462 los 0,05), sedangkan ego-involved tidakberhubungan secara signifikan dengan learned helplessness.Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa semakintinggi task-involved orientation kecenderungan helpless dalam pelajaranmatematika semakin rendah.Karena perhitungan tidak dapat menunjukkan hubungan yangsignifikan dengan learned helplessness peneliti menduga hal ini mungkindisebabkan oleh sampel yang homogen dan tambahan pula pengujianvaliditas instrumen goal orientation belum pernah diteliti menggunakankriterion eksternal. Sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnyasampel penelitian berasal dari berbagai sekolah agar diperoleh sampelyang heterogen, karena diduga latar belakang sekolah, faktor keluargadan perlakuan guru mempengaruhi goal orientation. Untuk penelitianselanjutnya dapat berupa pengujian validitas instrumen goal orientationmenggunakan kriterion eksternal. |
S2794-Mulia Sari Dewi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2794 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi. 71 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2794 | 14-19-594082675 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286958 |