:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara goals orientation dengan learned helplessness dalam pelajaran matematika pada siswa SMP (Suatu penelitian terhadap siswa kelas I SMP Al-Azhar, Jakarta)

Mulia Sari Dewi; Soetarlinah Soekadji, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Teori Goals orientation menjelaskan kinerja dan proses belajar
anak dalam tugas-tugas akademik dan lingkungan sekolah (Pintrich,
1996). Lebih lanjut lagi i^oal orientation menjelaskan alasan-alasan
mengapa siswa berusaha untuk mencapai prestasi akademis (Ames, 1992;
Dweck & Legget, 1998; Nicholls 1984 dalam Wentzel 1998). Para ahli
goal orientation menemukan dua tipe goal yang diadopsi siswa yang
dapat mempengaruhi pelibatan siswa dalam tugas yaitu fask-invoh ed
orientation dan ego-involved orientation (Nicholls, 1984 dalam Pintrich,
1996) yang memiliki perbedaan dalam memandang kemampuan dan
usaha.. Siswa yang mengadopsi task-involved oriental ion adalah yang
memiliki keinginan untuk memperoleh prestasi atau sukses Nan berasal
dari proses belajar melalui minat terhadap pengembangan keterampilan
baru, penguasaan terhadap tugas, perbaikan kemampuan dan kinerja-dan
menjadikan kemajuan diri sendiri sebagai acuan kesuksesan. Sedangkan
siswa yang mengadopsi ego-involved orientation memiliki keinginan
mencapai sukses yang berasal dari penilaian orang lain terhadap
hasil/performansi pada tugas, hal ini disebabkan oleh keyakinan bahwa
hasil/performansi yang tinggi disebabkan oleh kemampuan yang tinggi
juga. Dilain pihak kesulitan atau kegagalan adalah hal yang biasa
ditemui ketika mempeiajari sesuatu terutama peiajaran matematika.
Namun sering kali terjadi bila individu mengalami kegagalan yang
berulang-ulang terjadi perubahan performansi berupa kinerja- yang
memburuk yang disebabkan oleh keyakinan bahwa hasil yang diperoleh
tidak ada hubungannya dengan usaha melainkan dipengaruhi oleh faktor diluarnya, individu yang demikian dikatakan mengalami learned helpless
(Diener & Dweck, 1978 dalam Hokoda & Fincham, 1995).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dua tipe
goal orienfation dengan pola motivasi learned helplessness. Elliot dan
Dweck (1988 dalam Hokoda &. Fincham) menyebutkan bahwa anak-anak
yang berpola motivasi helpless memiliki ego-involved orienia/ion,
sedangkan anak-anak dengan pola motivasi mastery-oriented memiliki
task-involved orientation. Maka dapat ditegakan hipotesis bahwa taskinvolved
berhubungan negatif dan sigifikan dengan learned helplessness
sedangkan ego-involved berhubungan positif yang signifikan dengan
learned helplessness.
Selanjutnya dilakukan penelitian terhadap siswa kelas 1 SMP Al-
Izhar, Jakarta. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner goal
orientation dan kuesioner learned helplessness pada pelajaran
matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Pearson's
Product Moment. Dari hasil perhitungan ditemukan bahwa task-involved
orientation berhubungan negatif yang signifikan dengan learned
helplessness (r=-0,462 los 0,05), sedangkan ego-involved tidak
berhubungan secara signifikan dengan learned helplessness.
Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa semakin
tinggi task-involved orientation kecenderungan helpless dalam pelajaran
matematika semakin rendah.
Karena perhitungan tidak dapat menunjukkan hubungan yang
signifikan dengan learned helplessness peneliti menduga hal ini mungkin
disebabkan oleh sampel yang homogen dan tambahan pula pengujian
validitas instrumen goal orientation belum pernah diteliti menggunakan
kriterion eksternal. Sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya
sampel penelitian berasal dari berbagai sekolah agar diperoleh sampel
yang heterogen, karena diduga latar belakang sekolah, faktor keluarga
dan perlakuan guru mempengaruhi goal orientation. Untuk penelitian
selanjutnya dapat berupa pengujian validitas instrumen goal orientation
menggunakan kriterion eksternal.

 File Digital: 1

Shelf
 S2794-Mulia Sari Dewi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S2794
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi. 71 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2794 14-19-594082675 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286958