Efektifitas metode 'Multi Stimulan' dalam pemahaman bacaan Bahasa Inggris pada anak usia 10-11 tahun (Penelitian yang membandingkan antara metode 'Mulyi Stimulan'dengan metode konvensiona)
Medina K. Siswantara;
Puji L. Prianto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2002)
|
ABSTRAK Dalam pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar sering ditemukankesenjangan antara nilai tes prestatif dan kemampuan berkomunikasi siswa baik secaralisan maupun tulisan (Hilam, 2001). Salah satu penyebab hal ini menurut Kusuma (1987)adalah penekanan pada aspek grammar. Di samping itu hasil survey Beeby (1991)menjelaskan bahwa pada umumnya materi peiajaran yang diberikan hanya terbatas padaapa yang terdapat dalam buku-buku teks.Pembelajaran bahasa Inggris pada anak-anak usia 10-11 tahun yang beradadalam tahap Konkret operasional (Piaget, 1952 dalam Berk,1997) dan tahap kelas tinggiSekolah Dasar (Munandar, 1985) seharusnya melibatkan partisipasi siswa secara aktifdalam situasi yang kontekstual, menyenangkan, komunikatif, serta merangsang seluruhindera agar lebih mudah dicerna dan dihayati (ILarcom, 1997). Dengan demikiandiharapkan pembelajaran dapat mencapal sasaran 3 domain yaitu kognitif, afektif danpsikomotor.Metode yang maslh sering digunakan saat ini adalah metode Konvensional, yaituyang berdasarkan prinsip-prinsip Teacher-centered. Dalam penelitian ini akan disusunsuatu metode yang kemungkinan akan mampu mengembangkan domain afektif disamping domain kognitif dan psikomotor dengan berfokus pada pemahaman bacaan.Metode ini disebut Muiti Stimulan, dan disusun berdasarkan prinsip-prinsip Learnercentered.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode manakah dl antara metodeKonvensional dan Muiti Stimulan yang lebih efektif untuk membantu anak usia 10-11tahun memahami bacaan bahasa inggris. Peneliti melakukan studi eksperimentaldengan tipe controlled lab expeiiment dan disain Two group Pretest and Posttest Design.Sebanyak 40 orang subyek dibagi ke dalam 2 kelompok independen yang artinya tidaksaling berhubungan karena mendapatkan treatment yang berbeda (Siegel, 1997). Alatukur berupa tes prestatif yang berfungsi sebagai evaluasi formatif dan sumatif. Di akhirpemberian treatment dilakukan probing interview yang dianalisa secara kualitatif untukmengungkap faktor-faktor afektif subyek. Analisis menggunakan uji statistiknonparametrik yaitu dengan uji U Mann-Whitney pada p<0,05. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa tidak ada perbedaan efektivitas antara kedua metode pengajarandengan perkataan lain hipotesa penelitian ditolak dan hipotesa nol diterlma.Penyebab ditolaknya hipotesis penelitian kemungkinan karena berbagai halseperti sampling error, waktu pemberian treatment yang terlalu singkat sehlngga programdipadatkan, faktor instruktur, serta proactive Inhibition dan habltuatlon dalam prosesbelajar. Mesklpun demikian dalam penelitian Ini ditemukan faktor-faktor afektif yangmenjadi pendorong dalam proses pembelajaran. Pada metode Muiti Stimulan dapatdisimpulkan bahwa subyek memillkl sifat yang lebih positif terhadap pelatlhan, guru dankeglatan pembelajaran. Hasil ini sama dengan penelitian yang dilakukan oleh Horwitz(1979) yang menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan prestasi akademik yang bermaknaantara subyek dalam kelompok Teacher-centered dan Learner-centered. Tetapi padakelas Learner-centered siswa lebih menunjukkan sikap positif terhadap guru, sekolahlebih bersikap otonomi dan kooperatif dengan kedua jenis kelamin. |
S2795-Medina K Siswantara.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2795 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | vii, 106 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2795 | 14-19-493483679 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286959 |