Hubungan persepsi siswa terhadap efektifitas guru Penjaskes dengan self-efficacy belajar penjaskes di SD
Gagan Ganda Mulya;
Gagan Hartana Tupah Brama, supervisor
([Publisher not identified]
, 2003)
|
ABSTRAK Berbagai upaya pembenahan sistem pendidikan dan perangkatnya di Indonesia ternsdilakukan, di mana Gum pada masa sekarang dituntut untuk senantiasa meningkatkankemampuan profesionalnya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.Pendidikan dasar sebagai jenjang awal dari pendidikan di sekolah yang bertujuanuntuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkankehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat warga negara dan anggota umatmanusia serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah.Pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan yang mengutamakan aktivitas jasmanidan kebiasaan hidup sehat sehari-hari mempunyai peranan penting dalam pembinaan danpengembangan individu maupun kelompok dalam menunjang pertumbuhan danperkembangan jasmani, mental, sosial serta emosional yang serasi, selaras dan seimbangManusia sebagai makhluk sosial yang dalam realitasnya melakukan berbagaiinteraksi dengan makhluk lain melalui berbagai situasi, seperti situasi di dalam pendidikandi mana di dalamnya terjadi peristiwa pengajaran yang bertujuan untuk pencapaian tujuanpendidikan. Siswa sebagai peserta didik yang dibimbing di dalam interaksi edukatifmemunculkan persepsi tentang Gum yang mengajarkan dirinya di dalam pelajaranpendidikan kesehatan yang efektif ataupun sikap Gum di dalam interaksi dengan siswa,baik secara positif maupun negatif (Simpson, 1980 dalam Handayani,1996), Siswamempersepsikan Gum dari hasil interaksinya di dalam kelas selama mereka belajar disekolah.Efektifitas mengajar di dalam penjelasannya mempunyai variasi dari level sekolahyang punya area dan konten yang berbeda dari populasi berbeda. Gum sebagai salah satufaktor ekstemal mempengamhi prestasi belajar siswa, Di dalam penelitian, persepsi siswamemiliki hubungan dengan self- efficacy di mana self efficacy punya peranan pentinguntuk mencapai hasil yang baik di dalam pendidikan (Zimmerman, 1996). Lebih lanjutZimmerman menjelaskan bahwa self- efficacy berperan di dalam motivasi akademis. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antarapersepsi siswa terhadap efektifitas Guru dengan self- efficacy prestasi pendidikan kesehatandi Sekolah Dasar.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI (enam) di SDN Pamulang in yangbeijumlah 94 siswa di mana peneliti berasumsi bahwa siswa kelas enam sudah memilildpengalaman yang memadai dari basil interaksinya dengan .Guru. Siswa diberikan 2 (dua)kuesioner, pertama adalah kuesioner self- efficacy prestasi pelajaran penjaskes, keduaadalah persepsi siswa terhadap efektifitas guru pelajaran pendidikan kesehatan.Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability dan teknik yangdigunakan adalah accidental sampling. Kemudian data dari basil kuesioner tersebutdianalisa dengan teknik Alpha Coefisien Cronbach dan teknik korelasi Pearson ProductMoment yang ada di dalam program SPSS versi 11.00.Dari penelitian yang dilakukan, terdapat hubungan yang positif antara persepsisiswa terhadap efektifitas Guru dengan self- efficacy. Bila Guru dipersepsikan efektif didalam mengajarnya maka siswa akan memilild self- efficacy yang tinggi. Sebaliknya bilaGuru tersebut dipersepsikan tidak efektif maka self- efficacy siswa rendah.Saran b^i penelitian selanjutnya adalah di dalam penggunaan sampel penelitiandari sekolah lain, dengan Guru yang berbeda maka akan terlihat perbedaan di dalampersepsi siswa terhadap efektifitas Guru yang berhubungan dengan self- efficacy. |
![]()
|
No. Panggil : | S2862 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 91 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2862 | 14-19-244932028 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287013 |