Hubungan keterampilan berpikir kritis dengan disposisi berpikir kritis pada mahasiswa Universitas Indonesia
Lenny Junyanty;
Bagus Takwin, supervisor
([Publisher not identified]
, 2005)
|
ABSTRAK Tantangan di abad ke-21 yang dicirikan dengan perubahan yang kiankompleks dan cepat membutuhkan orang-orang dengan kemampuan berpikir yangbaik, Jika berbicara tentang mengembangkan kemampuan berpikir yang baik,maka pengembangan berpikir kritis dapat menjadi salah satu kuncinya. Hal ituterutama diharapkan menjadi sasaran dari pendidikan, utamanya pendidikantinggi. Dapat dikatakan bahwa pendidikan hendaknya menghasilkan pemikirkritis, yang tidak hanya memiliki kemampuan atau keterampilan untuk melakukanberpikir kritis namun juga berkemauan untuk memilih berpikir dengan cara yangdemikian. Jadi, tidak hanya keterampilan berpikir kritis namun juga kemauan atauyang dalam hal ini disposisi dari berpikir kritis juga penting untuk dikembangkan.Selama ini pengembangan yang ada lebih menekankan pada keterampilandaripada disposisi. Eksplorasi empiris tentang disposisi berpikir kritis dan hal-hallain yang berkaitan dengan disposisi berpikir kritis masih terbatas sehingga tidakaneh jika hubungan antara keterampilan dan disposisi berpikir kritis ini pun belumtegak secara konseptual. Memang sudah ada beberapa asumsi mengenaikeberadaan hubungan antara kedua hal tersebut, namun demikian asumsi yang adaberlawanan. Ada yang menyatakan bahwa terdapat hubungan korelasional antaraketerampilan dan disposisi berpikir kritis dan ada yang menyatakan bahwa tidakada hubungan antara kedua hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini beitujuanuntuk melakukan uji empiris akan hubungan kedua hal tersebut. Penelitian inidilakukan pada mahasiswa Universitas Indonesia (Ul), sehingga gambaran kasarmengenai keterampilan dan disposisi berpikir kritis mahasiswa Indonesia dapatdiperoleh. Dari gambaran ini diharapkan juga dapat memberi masukan kepadapihak universitas dan fakultas mengenai keterampilan dan disposisi berpikir ^tismahasiswanya.Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan sampel penelitiansebanyak 77 mahasiswa Ul yang terdiri dari 22 orang berasal dari FakultasEkonomi, 16 orang dari Fakultas Teknik, 5 orang dari Fakultas MlPA, 7 orangdari Fakultas llmu Budaya, 22 orang dari Fakultas Psikologi, dan 5 orang dari Fakultas Ilmu Komputer. Alat ukur keterampilan berpikir kritis dibuat denganmengadaptasi Cornell Critical Thinking Test Level X dan alat ukur disposisiberpikir kritis yang berupa inventori kepribadian yang dikonstruksi sendiri olehpeneliti.Hasii penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antaraketerampilan berpikir kritis dengan disposisi berpikir kritis. Hal itu berimplikasipada paradigma yang digunakan untuk membina keterampilan berpikir kritis dandisposisi berpikir kritis dalam pendidikan. Karena tidak ada hubungankorelasional antar kedua hal, maka pembinaan pada salah satu hal tidak akanberkontribusi langsung pada kemajuan hal lainnya.Secara umum, keterampilan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritismahasiswa UI adalah di atas rata-rata rentangan skor tes yang mungkin muncul.Dalam perbandingan skor keterampilan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritismahasiswa tiap-tiap fakultas yang menjadi sampel penelitian, ditemukan bahwaFakultas Ekonomi dan Fakultas Psikologi berada di atas skor rata-rata mahasiswaUI secara umum. Namun pada keterampilan berpikir kritis, skor rata-rata fakultastertinggi diperoleh oleh Fakultas Ekonomi dan yang terendah adalah FakultasIlmu Budaya. Pada disposisi berpikir kritis, skor rata-rata fakultas tertinggidiperoleh oleh Fakultas Psikologi dan yang terendah adalah Fakultas IlmuKomputer. |
![]()
|
No. Panggil : | S2877 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 66 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2877 | 14-19-893974568 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287028 |