:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan self efficacy dan sikap individu terhadap perubahan organisasi

Umbilin Purwaningsiwi; Wustari Larasati Gunadi, supervisor (Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Dewasa ini, perubahan terjadi di segala bidang termasuk pada organisasi perusahaan. Krisis ekonomi, permintaan pasar dan berbagai faktor eksternal berinteraksi dengan faktor internal dalam organisasi, menjadikan organisasi yang merupakan sistem terbuka harus menyesuaikan diri terhadap tuntutan perubahan yang ada. Salah satu bentuk organisasi perusahaan yang banyak mengalami perubahan adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berbagai tuntutan tersebut tentunya akan membawa dampak pada individu yang tergabung dalam organisasi tersebut. Salah satu hal yang terkait dengan perubahan adalah sikap individu terhadap perubahan yang terjadi. Selain itu, mekanisme kemampuan dalam diri individu untuk tetap melakukan pekerjaannya pun dapat terpengamh oleh adanya perubahan ini. Mekanisme kemampuan yang dimaksud adalah self efficacy, yang merupakan besarnya keyakinan individu untuk dapat menerapkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki dalam mengatasi suatu tugas atau situasi tertentu (Bandura, 1986).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode korelasional, yang mencoba mencari hubungan antara self efficacy individu dalam melaksanakan pekerjaannya dengan sikap terhadap perubahan yang terjadi dalam organisasinya. Responden yang terlibat adalah karyawan BUMN X, sebuah perusahaan yang mengalami dinamika perubahan dalam organisasinya, yaitu merger, perubahan struktur, dan perubahan penilaian kinerja. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Kriteria subyek adalah berpendidikan minimal SLTA, dan telah bekerja di perusahaan tersebut minimal 2 tahun. Responden y3ng berhasil didapatkan berjumlah 108, dengan hasil penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara self efficacy dan sikap individu terhadap perubahan, dengan arah korelasi yang positif. Jadi, semakin tinggi self efficacy seseorang, maka semakin positif sikapnya terhadap perubahan. Beberapa hal yang diduga mempengaruhi hasil ini adalah adanya pengaruh jenis kelamin dan tingkat pendidikan subyek.
Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar memakai jumlah sampel yang lebih besar sehingga hasil yang diperoleh dapat dipakai sebagai alat prediksi dan pengambilan keputusan.

 File Digital: 1

Shelf
 S2905-Umbilin Purwaningsiwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S2905
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 89 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2905 14-19-539677785 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287056