Hubungan antara minat menjadi Bintara Sabhara Polisi dengan prestasi belajar Siswa Pendidikan Pertama Bintara Polisi Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido
Dwi Indar Koeswoyo;
Gagan Hartana Tupah Brama, supervisor
([Publisher not identified]
, 2003)
|
ABSTRAK Reformasi daiam tubuli Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI)bertujuan membentuk suatu lembaga penegak hiikum yang mandiri danprofesional uiituk dapat melaksanakan tugas dan fiingsi pokoknya sebagaimanadigariskan dalam Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang KepolisianNegara Republik Indonesia. Untuk mewujudkan tujuan tersebiit, dukungankiialitas siimber daya manusia POLRI mutlak diperliikan. Salali satu sisi yangmenarik untuk dicermati dan akan dijadikan dasar penelitian ini adalali aspek welleducated dan well trained. Hal itu dikarenakan pendidikanlah yang mencetaksosok polisi seperti yang diliarapkan oleh masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara minatmenjadi Bintara Sabhara Polisi dengan prestasi belajar siswa Pendidikan PertamaBintara Polisi Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido dan kontribusi aspek minatterhadap prestasi belajar. Sampel diambil mengunakan metode insidentalsampling dari 100 siswa Bintara Polisi Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido.Untuk melihat hubungan tersebut dilakukan analisa korelasi ( r ) Pearson ProductMomen, sedangkan untuk melihat kontribusi aspek-aspek minat terhadap prestasibelajar dilakukan perhitungan Multiple Regression. Hipotesis yang diajukanadalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat menjadi BintaraSabhara Polisi dengan prestasi belajar siswa Pendidikan Pertama Bintara PolisiSekolali Kepolisian Negara (SPN) Lido.Hasil penelitian menunjukkan adanya hubimgan yang signifikan antaraminat menjadi Bintara Sabhara Polisi dengan prestasi belajar siswa PendidikanPertama Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido. Hal ini disebabkan minatmerupakan faktor perangsang untuk dapat melakukan suatu kegiatan menjadibaik. Namun tidak selamanya minat berpengaruh langsung terhadap prestasibelajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian, bahwa tidak semua aspekminat memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar. Keberhasilanseseorang juga ditentukan oleh kemampuan yang telah dimilikinya, karena minathanyalalr sebagai perangsang agar siswa mau belajar tetapi tidak menjaminhasilnya baik. Sehingga dapat disimpulkan baliwa minat bisa berhubungandengan prestasi belajar apabila didukung dengan adanya kemampuan seseorangatau faktor-faktor yang menunjang lainnya. |
![]()
|
No. Panggil : | S2907 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 69 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2907 | 14-19-233846398 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287058 |