Hubungan antara penggunaan strategi self-regulatel learning dan prestasi akademik dalam pelajaran matematika
Aully Grashinta;
Soetarlinah Soekadji, supervisor
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK Kualitas sumber daya manusia (SDM) sebuah negara, tidak dapat dilepaskandari sistem pendidikan yang berlaku di negara tersebut. Jadi untuk meningkatkankualitas SDM, perlu diadakan berbagai perbaikan dalam sistem pendidikan,salah satunya adalah dengan mengadakan penelitian di bidang ini. Salah satukonsep dalam pendidikan yang mulai banyak dijadikan bahan kajian adalahkonsep self-regulated leaming. Penelitian ini meneliti bagaimana hubunganpenggunaan strategi self-regulated leaming. dengan prestasi akademik dalambidang matematika; yang banyak menjadi sorotan karena hasil pencapaiannya diberbagai tingkat pendidikan formal selama ini memprihatinkan. Penelitian ini jugamengungkap tentang perbedaan jenis kelamin dalam penggunaan strategistrategiself-regulated leaming dalam pencapaian prestasi pada pelajaranmatematika. Dengan terungkapnya hubungan tersebut diharapkan konsep inidapat diterapkan di dunia pendidikan di Indonesia, guna peningkatan kualitasSDM agar dapat bersaing di era globalisasi.Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan subyek penelitiansiswa sekolah dasar kelas VI yang berjumlah 47 siswa dari satu SD. Alat ukuryang digunakan adalah tes matematika yang dibuat oleh peneliti untuk mengukurprestasi akademik dalam bidang matematika; kuesioner strategi-strategi selfregulatedleaming yang disusun berdasarkan kategorisasi dari Zimmerman danMartinez-Pons (1986). Untuk mengontrol faktor kecerdasan digunakan tesStandard Progressive Matnces.Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan metodestatistik. Hasil dari analisa ini terungkap tidak adanya hubungan yang signifikanantara penggunaan strategi self-regulated leaming dengan prestasi akademikdalam pelajaran matematika, dan tidak adanya perbedaan yang signifikan antarasiswa pria dan siswa wanita dalam penggunaan strategi self-regulated leamingpada pelajaran matematika. Dari hasil analisa tambahan ditemukan bahwa adaperbedaan yang signifikan pada prestasi akademik matematika antara siswa priadan siswa wanita, di mana prestasi siswa pria lebih tinggi dibandingkan siswawanita. Selain itu, terungkap pula adanya hubungan yang signifikan antaraprestasi akademik matematika dan tingkat kecerdasan siswa. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan dilakukan penelitian lebih jauh tentangstategi self-regulated leaming yang didasarkan pada karakteristik usia siswa SDsehingga lebih sesuai, mengingat instrumen ini disusun berdasarkan penelitianZimmerman dan Martinez-Pons (1986) yang dilakukan pada siswa sekolahmenengah atas. Selain itu, dapat pula dilakukan penelitian serupa dengankonteks mata pelajaran yang berbeda, karena selalu terdapat kekhususan padatiap mata pelajaran. Jumlah sampel sebaiknya lebih diperbanyak untukmempermudah melakukan generalisasi, dengan mempertimbangkan faktorhomogenitas sampel penelitian yang juga berpengaruh pada penelitian |
S3057-Aully Grashinta.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S3057 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 89 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3057 | 14-19-653396498 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287207 |