Perbedaan goal orientation pada Siswa Sekolah Dasar yang mendapatkan metode pengajaran belajar aktif dan belajar pasif
Adinda Tri Wardhani;
Puji Lestari Prianto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2002)
|
ABSTRAK Motivasi merupakan salah satu unsur penting dalam tercapainya sebuah tujuanproses belajar. Dalam bidang pendidikan, dikenal teori Goa/ Orientation (GO) untukmenggambarkan performa dan bagaimana anak belajar menghadapi tugas-tugasakademik di dalam situasi sekolah. GO dapat berupa keinginan untuk bisamemahami dan menguasai materi pelajaran yang diberikan, yang disebut dengantask involved atau berupa keinginan untuk tampil baik dan mendapatkanpenghargaan dari orang lain, yang disebut dengan ego involved. Selain faktorinternal, GO juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal antara lain lingkunganrumah dan lingkungan sekolah. Dalam kaitannya dengan sekolah, metodepengajaran yang diterapkan di kelas dapat menjadi salah satu faktor eksternalyang dapat mempengaruhi GO, karena metode pengajaran mempengaruhibagaimana guru memberikan materi dan bagaimana situasi dalam kelas ituberlangsung. Di dalam penelitian ini, metode pengajaran dibagi menjadi belajaraktif dan belajar pasif. Belajar aktif adalah metode pengajaran yang memberikanpeluang kepada siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan belajar pasif adalahmetode pengajaran yang menempatkan siswa pada peran yang pasif di dalamproses belajarnya di kelas. Selanjutnya penelitian ini diadakan untuk melihat adatidaknya perbedaan GO yang signifikan pada siswa sekolah dasar (SD) yangmendapatkan metode pengajaran belajar aktif dan belajar pasif.Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yangmengukur GO dan diberikan pada dua kelompok subyek, yaitu kelompok belajaraktif dan belajar pasif. Peneliti menggunakan 44 siswa sekolah dasar Islam (SDI)Pondok Duta sebagai subyek yang mewakili kelompok belajar pasif dan 34 siswaSDI Terpadu Fajar Hidayah yang mewakili kelompok belajar aktif. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Seluruh subyekmemiliki rentang usia 10-12 tahun atau kelas tinggi SD dimana pada usia tersebutsiswa memiliki GO yang lebih stabil dibandingkan kelas rendah sehingga sudahdapat dilakukan pengukuran terhadap GO. Perhitungan reliabilitas alat dan T-fesfdalam penelitian menggunakan program SPSS 10.0.1 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan GO baik task involved maupunego involved yang signifikan antara kelompok belajar aktif dan belajar pasif.Selanjutnya, skor rata-rata dari kedua kelompok menunjukkan bahwa siswa padakelompok belajar aktif memiliki skor GO task involved yang lebih tinggi daripada siswa pada kelompok belajar pasif. Hal ini berarti siswa pada kelompok belajar aktifcenderung memiliki GO task involved daripada kelompok belajar pasif. Sebaliknya,siswa pada kelompok belajar pasif memiliki skor GO ego involved yang lebih tinggidaripada siswa pada kelompok belajar aktif. Hal ini berarti siswa pada kelompokbelajar pasif cenderung memiliki GO ego involved daripada kelompok belajar aktif.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran mungkinmenjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi GO siswa. Meskipun demikian,hasil yang diperoleh belum tentu menggambarkan hubungan sebab akibat. Artinyaperbedaan GO yang signifikan antara kedua kelompok tidak benar-benar mutlakmenggambarkan bahwa metode pengajaranlah yang mempengaruhi GO. Hal inidisebabkan karena penelitian ini bukanlah penelitian eksperimental yang dapatmemastikan hubungan sebab akibat antar variabel penelitian.Untuk penelitian selanjutnya disarankan memperhatikan penggunaan bahasa yanglebih sederhana dan mudah dipahami mengingat subyek adalah siswa SO. Selainitu, penggunaan sampel yang lebih banyak diperlugan untuk hasil yang lebih baik.Secara aplikatif, hasil penelitian dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihaksekolah maupun guru untuk menggunakan metode pengajaran belajar aktifsebagai sarana mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. |
S3094-Adinda Tri Wardhani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S3094 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 72 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3094 | 14-19-565389670 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287244 |