Pengaruh sistem pembayaran dan rekening mental terhadap intensi belanja
Pricyla Trimeilinda;
Harry Susianto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2002)
|
ABSTRAK Konsumen melakukan transaksi jual beli dalam kehidupannya sehari-hari gunamemenuhi kebutuhan hidup. Intensi belanja konsumen dalam transaksi jual belidipengaruhi oleh sistem pembayaran dan rekening mental. Penelitiansebelumnya mengatakan bahwa ada perbedaan intensi belanja antarakonsumen pengguna kartu kredit dan cek atau uang tunai; dan dalam teoriRekening Mental disebutkan bahwa manusia selalu melakukan proses kognitifdalam bertransaksi, yaitu saat mengeluarkan cost dan mendapatkan benefit.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan intensi belanjakonsumen dipengaruhi oleh sistem pembayaran uang tunai, kartu debit, kartukredit; dan rekening mental identik, rekening mental serupa, rekening mentalberbeda.Penelitian ini menggunakan alat berupa vignette, yaitu kasus yang ditanyakankepada partisipan penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan metodeeksperimen, dengan desain 3x3 faktorial. Variabel bebas pertama adalah sistempembayaran, yang mempunyai tiga variasi, yaitu uang tunai, kartu debit, dankartu kredit. Variabel bebas kedua adalah rekening mental, yang mempunyaitiga variasi, yaitu rekening mental identik, rekening mental serupa, dan rekeningmental berbeda. Partisipan penelitian berjumlah 310 orang yang terbagi dalamsembilan kelompok eksperimen.Uji signifikansi dilakukan dengan metode anova, sedangkan uji hipotesisdilakukan dengan membandingkan mean antar kelompok eksperimen. Hasil ujisignifikansi menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompokeksperimen, namun arah hipotesis telah sesuaiDari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh sistempembayaran dan rekening mental terhadap intensi belanja konsumen diIndonesia, khususnya Jakarta. Saran yang diberikan adalah saran-saran untukpenelitian selanjutnya, terutama untuk mengembangkan psikologi ekonomi.Implikasi praktis ditujukan bagi para produsen yang ingin meningkatkan strategipenjualan. |
![]()
|
No. Panggil : | S3151 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 71 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3151 | 14-19-373321823 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287298 |