Motivas meraih sukses dan motivasi menghindari kegagalan anggota POLRI yang melaksanakan tugas belajar dan ijin belajar di Perguruan Tinggi
Udin Yulianto;
Puji Lestari Prianto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2003)
|
ABSTRAK Untuk meningkatkan profesionalisme Polri, pimpinan Polri berusahameningkatkan kualitas sumber daya manusia anggotanya melalui pendidikan,terutama pendidikan yang bersifat akademis. Untuk itu pimpinan Polrimemberikan kesempatan pada anggotanya untuk melaksanakan pendidikan diPerguruan Tinggi. Anggota Polri yang melaksanakan pendidikan di PerguruanTinggi dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kelompok anggota Polri yangmelaksanakan tugas belajar dan anggota Polri yang mendapatkan ijin belajar daripimpinan Polri. Masing-masing kelompok tentu mempunyai motivasi meraihsukses dan motivasi menghindari kegagalan yang berbeda-beda dalammelaksanakan belajarnya, karena kedua kelompok tersebut mendapatkan tugasdan perlakuan yang berbeda dari pimpinannyaDalam kaitan itu semua, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kecenderungan meraihsukses dan kecenderungan menghindari kegagalan anggota Polri yangmelaksanakan tugas belajar dan ijin belajar di Perguruan Tinggi.Penelitian ini mengunakan sampel sebanyak 70 orang, dengan perincian35 orang dari anggota Polri tugas belajar dan 35 orang lainnya dari anggota Polriyang ijin belajar. Pengambilan sampel menggunakan metode incidental sampling.Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner skala kecenderunganberprestasi yang terdiri dari motif meraih sukses dan motif menghindari kegagalanyang diadaptasi dari Mehrabian dan ditambah beberapa item hasil elisitasi.Pengolahan data dengan menggunakan analisis mean dan t-test.Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi meraih sukses antaraanggota Polri yang melaksanakan tugas belajar dan anggota Polri yang ijin belajarberbeda secara signifikan, yaitu lebih tinggi anggota Polri yang melaksanakantugas belajar. Demikian pula dengan motivasi menghindari kegagalannya.Dengan hasil yang demikian, penelitian ini memberikan gambaran bahwamotivasi meraih sukses dan motivasi menghindari kegagalan anggota Polri yangtugas belajar dan anggota Polri yang ijin belajar berbeda secara signifikan.Perbedaan tersebut dipengaruhi antara lain oleh faktor perbedaan tugas danperbedaan perlakuan yang diterima kedua kelompok tersebut.Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menggunakan pendekatangabungan antara kualitatif dan kuantitatif, agar diperoleh data yang lebihmendalam, sehingga hasil penelitian lebih sempurna. |
![]()
|
No. Panggil : | S3195 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 71 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3195 | 14-19-684671579 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287341 |