Pengaruh tipe bullying dan gender pelaku korbannya di SMA terhadap persepsi guru (studi pada sebuah SMA Negeri di Jakarta Selatan)
Krisna Putriyani;
Ratna Djuwita, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
ABSTRAK Salah satu bentuk perilaku agresivitas yang kerap terjadi dikalanganpelajar SMA adalah perilaku bullying. Bullying adalah suatu perilaku agresivitasyang sistematis, terencana dan bertujuan dari satu pihak kepada pihak lain denganpenggunaan kekuasaan secara sewenang-wenang. Perilaku bullying dapatberbentuk fisik maupun non-fisik (verbal dan non-verbal). Sementara itu, genderpelaku dan korban bullying dapat merupakan gender yang sama (siswa terhadapsiswa; siswi terhadap siswi) maupun berbeda (siswa terhadap siswi; siswiterhadap siswa). Selain itu bullying ini dapat teijadi pada pelajar dengan tingkatyang sama (horizontal) atau tingkat yang berbeda (vertikal).Salah satu penyebab terjadinya perilaku bullying adalah faktor sekolah,yang erat kaitannya dengan pengawasan dari pihak sekolah, terutama para guru.Pengawasan serta tindakan guru untuk mengatasi perilaku bullying tersebut dapatditentukan melalui interpretasi dan penilaian mereka terhadap perilaku bullyingyang dilakukan siswa/i. Interpretasi dan penilaian guru terhadap perilaku bullyingsiswa/siswi SMA dapat disebut sebagai persepsi sosial. Tujuan dari penelitian iniadalah ingin mengetahui apakah persepsi guru terhadap bullying dipengaruhi olehbentuk, gender pelaku-korban bullying serta interaksi antara keduanya. Penelitianini mengacu pada penelitian Eslea dan Birkinshaw (1998), namun denganbeberapa modifikasi dan diberikan pada subyek penelitian dengan karakteristikyang berbeda.Karakteristik subyek dari penelitian ini yaitu guru-guru yang telahmengajar minimal satu tahun di salah satu SMA yang terletak di Jakarta Selatan.Dipilihnya sekolah tersebut karena melalui hasil elisitasi sebelum penelitian,diketahui terdapat kasus bullying Data mengenai persepsi guru diperoleh melaluikuesioner dan selanjutnya diolah secara kuantitatif. Teknik pengambilan sampelyang digunakan dalam penelitian adalah Occidental sampling karena pengambilansampel tergantung pada ketersediaan subyek di SMA tersebut, namun tetap sesuaidengan dengan karakteristik yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan metode Two-wayRepeated-Measures ANOVA didapatkan hasil penelitian bahwa persepsi gurumengenai keseriusan dampak bullying dipengaruhi oleh tipe, gender pelakukorbanbullying, serta interaksi dari keduanya.. Hasil ini menunjukkan bahwapersepsi guru mengenai keseriusan dampak bullying bagi korbannya tergantungdari bentuk dan gender pelaku-korban bullying. dengan menggunakan metodeanalisis statistik T-test, ditemukan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yangsignifikan antara persepsi guru pria dan wanita dalam menilai keseriusan dampakperilaku bullying yang dilakukan siswa dan siswi SMAHasil dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi petimbangan bagipenelitian lainnya, terutama penelitian dengan tema yang serupa dengan penelitianini. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi gambaran bagi pihaksekolah maupun pihak lain yang terkait dengan bidang pendidikan mengenaipersepsi guru terhadap perilaku bullying yang teijadi dikalangan siswa/I SMA.,sehingga nantinya dapat memberi masukan bagi mereka. |
S3305-Krisna Putriyani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S3305 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 61 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3305 | 14-19-354431048 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287449 |