:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Performance expectancy pada pengguna dan non pengguna options help dari perangkat lunak komputer

Muhammad Faisal; Sri Hartati Dewi Reksodiputro, supervisor (Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informatika, manusia semakin dituntut untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan baru dalam menggunakan sebuah komputer. Berbagai fasilitas telah diciptakan sebagai usaha untuk membantu manusia dalam menggunakan sebuah komputer. Salah satu fasilitas yang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi, serta efektivas pemakaian adalah options help. Options Help itu sendiri adalah sebuah fasilitas bantuan bagi para pengguna suatu aplikasi, yang berisi petunjuk tentang cara-cara menggunakan suatu perangkat lunak, dan keterangan yang berhubungan dengan perintahperintah dalam sebuah aplikasi (Kamus lengkap dunia komputer, 2002). Dalam kenyataannya penggunaan options help masih sangat kurang diminati oleh para pengguna komputer. Hal ini bertentangan dengan tingginya kebutuhan akan penggunaan sebuah alat bantu, serta berbagai manfaat yang bisa didapatkan melalui penggunaan options help.
Untuk menjawab permasalahan itu, penelitian ini menggunakan Unified theory of acceptance and use of technology (UTA UT) dari Davis, Davis, Morris dan Venkatesh (2003) untuk melihat performance expectancy (yaitu derajat kepercayaan individu bahwa menggunakan sebuah sistem dapat memberikan keuntungan tertentu dalam kinerjanya) yang dimiliki individu. Secara lebih lanjut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Performance Expectancy pada pengguna dan non-penggupa Options Help dari perangkat lunak komputer.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sementara desain yang diterapkan berupa Ex Post Facto Fields Study (penelitian non-eksperimental yang dilakukan dengan cara studi lapangan atau di luar lab). Pengukuran dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner, dan penyusunan dari item-item kuesioner itu sendiri mengacu kepada alat ukur yang terdapat pada UTAUT. Secara lebih lanjut, kuesioner tersebut diberikan kepada 60 orang mahasiswa, dan mahasiswi yang berasal dari fakultas ilmu komputer serta fakultas psikologi universitas Indonesia.
Hasil analisa penelitian memperlihatkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara performance expectancy pada pengguna options help dan nonpengguna options help. Baik kelompok pengguna maupun non-pengguna options help, memiliki persepsi bahwa options help cukup memberi manfaat dalam performa kerja mereka.
Saran untuk penelitian meliputi validitas, dan reliabilitas dari alat ukur yang perlu dikembangkan, pengukuran terhadap determinan-determinan selain performance expectancy, dan pengetahuan lebih mendalam mengenai karakteristik seorang pengguna dan non-pengguna options help.

 File Digital: 1

Shelf
 S3309-Muhammad Faisal.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S3309
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 66 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3309 14-19-005698394 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287453