Perbedaan naskah kognitif siswa dan siswi kelas 1 SMA mengenai school bullying yang dilakukan senior terhadap junior
Intan Indira R.;
Sri Rochani, supervisor; Ratna Djuwita Chaidir, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
ABSTRAK Penelitian ini ingin melihat naskah kognitif siswa-siswi SMU kelas I dari duasekolah yang memiliki indikasi terjadi peristiwa gencet-gencetan. Naskah kognitifdapat mempengaruhi kesiapan seseorang untuk melakukan tindakan agresif(Huesmann, 1998) termasuk juga gencet-gencetan. Seseorang yang memiliki naskahkognitif mengenai gencet-gencetan akan cenderung melakukan perilaku tersebutdibandingkan yang tidak mempunyai naskah kognitif ini.Naskah kognitif adalah skema mengenai sebuah peristiwa (Schank & Abelson;Abelson, dalam Agoustinous & Walker, 1995), sedangkan gencet-gencetan adalahperilaku agresif yang ditandai dengan adanya ketidakseimbangan kekuasaan antarapelaku dan korban. Gencet-gencetan bisa disamakan dengan perilaku bullying karenamelibatkan perilaku agresif dan terjadinya ketidaseimbangan kekuasaan antara pelakudan korban.. Naskah kognitif mengenai gencet-gencetan akan terdiri dari orang-orangyang terlibat, urutan kejadian dan perilaku dari orang-orang yang terlibat, waktu dantempat peristiwa, dan aturan berperilaku yang dimiliki seseorang mengenai peristiwatersebut. Naskah kognitif siswa-siswi dilihat melalui kuesioner yang dikonstrukberdasarkan hasil elisitasi dengan siswa-siswi SMU dan literatur mengenai bullying.Subyek diambil dari dua sekolah dimana ada indikasi terjadinya peristiwagencet-gencetan. Kedua sekolah juga berbeda dalam jenis kelamin siswa-siswinya.SMU P merupakan sekolah dengan siswi perempuan semua, sedangkan SMU Mmerupakan sekolah dengan siswa laki-laki semua.Dari hasil penghitungan chi-square terlihat ada beberapa perbedaan yangsignifikan antara naskah kognitif subyek-subyek dari SMU M dengan subyek dariSMU P, perbedaan ini wajar karena mereka berasal dari lingkungan yang berbeda,sehingga mempelajari naskah yang berbeda. Gencet-gencetan merupakan perilakuagresif, sehingga perilaku yang terdapat di dalam naskah kebanyakan akan berupaperilaku agresif. Bentuk perilaku agresif yang ditunjukkan oleh seseorang dipengaruhigendernya. Remaja laki-laki cenderung lebih banyak menggunakan perilaku agresifkontak fisik dibandingkan dengan remaja perempuan. Kedua kelompok subyekmempunyai gender yang berbeda, sehingga ada perbedaan dalam perilaku agresifdalam naskah mereka, hasil penghitungan menunjukkan ada perbedaan yangsignifikan dalam perilaku agresif fisik, verbal, dan non-verbal. Perbedaan dalamperilaku agresif verbal berlawanan dengan penelitian-penelitian sebelumnya mengenaigender dan perilaku agresif dimana remaja laki-laki dan perempuan dalam banyaknyaperilaku agresif verbal yang digunakan.Dengan mengetahui naskah kognitif para subyek, diharapkan dapat membantudalam program intervensi terhadap perilaku ini di sekolah-sekolah. Intervensi dapatdilakukan dengan mengubah naskah yang mereka miliki atau menggunakan naskahmereka sebagai panduan untuk menghentikan perilaku ini. Penggunaan naskahsebagai panduan misalnya diketahui dalam naskah subyek SMU P gencet-gencetanterjadi saat istirahat dan dilakukan secara berkelompok oleh siswi yang lebih senior, ada kemungkinan para subyek (saat mereka sudah mempunyai kekuasaan) akanmenggencet dengan cara tersebut, sehingga saat seorang guru melihat sekelompoksiswi senior sedang mengelilingi salah seorang siswi junior saat istirahat guru tersebutdapat langsung menghentikan peristiwa ini karena ada kemungkinan besar sedangterjadi gencet-gencetan. |
![]()
|
No. Panggil : | S3319 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 93 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3319 | 14-19-865742404 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287463 |