ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah konsumen dipengaruhi olehbanyak hal dalam membeli barang seperti self-esteem, yaitu suatupenilaian seseorang terhadap dirinya sendiri yang menggambarkan sikapsuka atau tidak suka akan keberadaan dirinya, dan The Love of Moneyyaitu sikap seseorang terhadap uang yang menilai uang sebagai simbolrich, success, motivator, dan important.Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan seberapa kuatpengaruh self-esteem dan The Love of Money terhadap perilaku membelibarang berdasarkan merek.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitiansebanyak 57 orang yang terbagi dalam kelompok konsumen yangmembeli berdasarkan merek (23 orang) dan kelompok konsumen yangmembeli tidak berdasarkan merek (34 orang). Penelitian ini menggunakanalat ukur Money Ethics Scale (Tang, 2001), Rosenberg Self-Esteem Scale(Rosenberg, 1965), dan alat ukur membeli barang yang dibuat penelitiuntuk penelitian ini. Multiple regression digunakan untuk melihat besarpengaruh self-esteem dan the love of money terhadap perilaku membelibarang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-esteem dan the Love ofMoney tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilakumembeli barang baik berdasarkan merek maupun tidak berdasarkanmerek.Peneliti menyarankan untuk memperbanyak jumlah sample,mempertimbangkan variabel lain yang mempengaruhi perilaku membelibarang, dan meneliti kelompok konsumen lain seperti konsumen remaja,artis dan lain-lain. Juga disarankan untuk melakukan penelitian padavariabel se/f yang lain seperti self-monitoring dan lain-lain. |