Gambaran quality of school life pada siswa SMA Co-educational dan siswa Non Co-educational di Jakarta.
Novani Nugrahani;
Lucia R.M. Royanto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang cepat di eraglobalisasi ini menimbulkan tuntutan yang semakin besar terhadap adanyasumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat terus mengembangkan ilmupengetahuan dan teknologi tersebut. Sumber daya manusia yang berkualitasdapat diperoleh melalui pendidikan yang baik dan berkualitas pula, terutamamelalui jalur pendidikan formal atau sekolah. Dusek (1996) menyatakan bahwasekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, memiliki tugas pokokuntuk membantu peserta didik agar memiliki pengetahuan, keterampilan dankeahlian yang dibutuhkan. Sekolah juga merupakan sarana anak untukbersosialisasi dengan teman sebayanya dan dengan orang dewasa selainanggota keluarganya.Karena peran sekolah yang besar serta lamanya waktu anak yangdihabiskannya di sekolah, maka hal ini menimbulkan pertanyaan mengenaibagaimana sesungguhnya seorang anak mempersepsikan keadaan sekolahnya.Persepsi siswa mengenai sekolahnya sendiri dapat diukur dengan menggunakanskala Quality of School Life. Pengukuran Quality of School Life dinilai sebagai halyang penting dan memiliki hubungan dengan prestasi akademik yang dicapaioleh siswa tersebut (Bourke, 1993; Mok & Flynn, 1997).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Quality of SchoolLife pada siswa dan siswi SMA co-educational dan gambaran Quality of SchoolLife pada siswa SMA non co-educational khusus laki-laki serta gambaran Qualityof School Life pada siswi SMA non co-educational khusus perempuan. Selain itu,peneliti juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan antara gambaranQuality of School Life siswa dan siswi pada ketiga jenis SMA tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan juga merupakanpenelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa dan siswi dari SMA coeducational,SMA non co-educational khusus laki-laki dan SMA non coeducationalkhusus perempuan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian iniadalah skala Quality of School Life yang merupakan skala tipe Likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, siswa dari ketigajenis SMA yaitu SMA co-educational, SMA non co-educational khusus laki-lakidan SMA non co-educational khusus perempuan merasa sejahtera denganOuality of School Life di sekolah mereka masing-masing. Hasil penelitian jugamenunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada gambaranpersepsi Quality of School Life menurut persepsi siswa SMA co-educational, siswa SMA non co-educational khusus laki-laki dan siswi SMA non co-educational khusus perempuan. |
S3360-Novani Nugrahani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S3360 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 78 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3360 | 14-19-945767658 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287503 |