:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran proses pembelajaran di Sekolah Dasar di Brisbane, Australia

Rizki Washarti Siregar; Lucia R.M. Royanto, supervisor ([Publisher not identified] , 2005)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang proses
pembelajaran di Sekolah Dasar di Brisbane, Australia. Antara masyarakat Indonesia dan
masyarakat Barat terdapat banyak perbedaan. Contohnya, masyarakat Barat, termasuk
Australia dididik untuk berpikir mandiri dan kritis, sedangkan masyarakat Timur,
termasuk Indonesia tidak dibiasakan untuk mengemukakan pendapatnya di dalam kelas.
Perbedaan ini disebabkan oleh faktor kultur dan pendidikan yang berbeda. Karena faktor
kultur mencakup hal-hal yang cukup luas, maka skripsi ini hanya akan meneliti faktor
pendidikan. Penelitian ini akan membahas faktor-faktor yang terkait dalam proses
pembelajaran seperti kurikulum, metode pengajaran, cara evaluasi dan pengelolaan
kelas. Kurikulum adalah perencanaan untuk belajar, yang disusun agar siswa memiliki
serangkaian pengalaman yang berurutan dengan tujuan supaya siswa dapat lebih disiplin
dalam berpikir dan bertindak (Mclnemey & Mclnemey, 1998). Metode pengajaran
adalah pengulangan dari bentuk tingkah laku guru yang bisa diterapkan ke berbagai
macam mata pelajaran (Gage & Berliner, 1991). Metode pengajaran yang digunakan
dalam skripsi ini meliputi metode-metode pengajaran oleh Gage dan Berliner (1991)
serta Barry dan King (1998). Evaluasi siswa adalah pengujian dari pekeijaan siswa yang
dilakukan di sekolah (Slavin, 1991). Tujuan dari pengaturan kelas adalah untuk
mempertahankan lingkungan belajar yang positif dan produktif (Woolfolk, 1998).
Apabila diperoleh gambaran proses pembelajaran di Australia, maka diharapkan metode
yang sama dapat diterapkan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada seorang guru kelas dua Sekolah Dasar Rainworth,
Bardon, Brisbane, Australia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan
adalah wawancara dan mengajukan pertanyaan melalui e-mail. Proses pengumpulan data
dilanjutkan dengan analisa data. Proses analisa data ini menggunakan metode-metode
pengajaran dari Gage dan Berliner serta teori pendidikan adaptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek guru menggunakan kurikulum
pemerintah yang dapat dimodifikasi oleh guru. Secara umum, metode pengajaran yang
dilakukan oleh guru sesuai dengan metode-metode yang dikemukakan oleh Gage dan
Berliner (1991) serta Barry dan King (1998), yaitu pendekatan humanistik dan metode
adaptif. Kemudian tampak pula bahwa guru menggunakan evaluasi formal dan informal
untuk mengetahui kemampuan orang tuanya. Selain itu, ia merasa memiliki hubungan
yang baik dengan murid-muridnya serta orang tua mereka.
Pada penelitian di masa yang akan datang, peneliti sebaiknya memiliki waktu
yang memadai sehingga dapat melakukan observasi-observasi dan wawancarawawancara
lanjutan. Selain itu, disarankan agar menggunakan subyek yang lebih banyak
di penelitian yang akan datang. Salah satu saran lain untuk penelitian lanjutan adalah
penggunaan gabungan dari metode kualitatif dan kuantitatif agar mendapatkan data yang
lebih kaya. Melakukan perbandingan, misalkan membandingkan proses pembelajaran di
Australia dengan di Indonesia, juga adalah salah satu hal menarik yang dapat dilakukan
peneliti selanjutnya.

 File Digital: 1

Shelf
 S3387-Rizki Washarti Siregar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S3387
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 83 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3387 14-19-259119766 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287529