Pacaran dan konsep diri remaja (Studi pada remaja yang berpacaran dengan yang belum berpacaran)
Yulia Naelufara;
Ediasri T. Atmodiwirjo, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
ABSTRAK Pada setiap tapan perkembangan selalu ada tugas-tugas atau sejumlahperilaku yang harus dipenuhi, yang merupakan harapan atau tuntutan darimasyarakat. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah adanyaperubahan dari homosocial interest menjadi heterosocial concern, dimanaremaja mulai tertarik dan menaruh perhatian pada lawan jenis (Rice,1990).Pada masa remaja akhir menjelang dewasa, umumnya remaja telah memilikipacar. Bila keadaan dirinya tidak sesuai dengan peran untuk usianya makahal ini diartikan sebagai suatu kegagalan baginya yang akhirnyaberpengaruhterhadap pandangan orang tersebut mengenai dirinya.Penelitian ini ingin menguji apakah benar bahwa ada perbedaan yangbermakna pada konsep diri remaja yang sudah berpacaran dengan yangbelum berpacaran.Subyek penelitian ini adalah remaja akhir usia 18-22 tahun baik yang sudahberpacaran ataupun belum berpacaran. Subyek dipilih pada usia 18-22 tahunkarena pada umumnya remaja dengan usia tersebut sudah pernahberpacaran.Penilaian konsep diri ini diukur dengan menggunakan Tennessee Self-Concept Scale (TSCS) yang terdiri atas tiga dimensi eksternal yaitu dimensidiri identitas, kepuasan diri, dan diri tingkah laku serta lima dimensi internalyaitu, dimensi diri fisik, diri moral-etik, diri personal, diri keluarga dan dirisosial, penelitian ini dilakukan pada 66 remaja yang sudah berpacaran dan65 remaja yang belum berpacaran. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisa diperoleh hasil yangmenunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara konsep diri remajayang sudah berpacaran dengan remaja yang belum berpacaran. Remajayang sudah berpacaran memiliki konsep diri yang lebih tinggi atau positifdibandingkan remaja yang belum berpacaran.Kami berharap penelitian ini dapat memberikan informasi yang bermanfaatdan dapat memberi masukan bagi orang tua yang memiliki anak usia remaja,sehingga mereka dapat lebih memahami tahap perkembangan remajabeserta kebutuhan-kebutuhannya. |
S3463-Yulia Naelufara.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S3463 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | vi, 98 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S3463 | 14-19-792254746 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287604 |