Perbandingan respon pemirsa terhadap iklan televisi dan terhadap program hibrida televisi berbentuk reality show
Poetry Arrum Kesuma;
Harry Susianto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
ABSTRAK Upaya persuasi aten lebih efektif pada saat seseorang tidak merasa sedang dipersuasl.Pendapat itul^ V^ng ingin dilihat pada tulisan ini. Jika pemirsa biasanya menghindariiklan dengan cara mengganti saluran televisi pada saat jeda iklan tfca, maka kini munculstrategi pemasaran banj dimana pesan komersiaJ justai disisipkan kedalam programtelevisi. Penyisipan merek kedal^ program televisi ini disebul program hibrida.Penefrtian ini ingin membuktikan pendapat Bhatnagar, Aksoy & Malkoc (2002) bahwaprogram hibrida lebffi unggul daripada iklan dalam mempersuasi pemirsa. Saat inimuncul genre program baru yang potensial untuk dijadikan program hibrida yartuprogram reality show.Dua bentuk penyajian pesan yaibi secara iklan atau program hibrida bert)entuk realityshow ini tentu menimbulkan respon-respon dari pemisa antara lain ingatan terhadapmereK asosiasi merek, sikap terhadap bentuk pesan. sikap terhadap merek dan intensimembeli merek. Respon-respon inilah yang ingin dilihat dan dibandlngkan Selain itumenurut Solomon & Englis (1994) terjadi beliefperseverance, sil^ dan interrsi pemirsatidak berubah setelah diberttahu bahwa merek membayar pada program agar bisamuncul kedalam program.Sebanyak 82 orang mahasiswa Fakuitas Keguruan dan llmu Pendidikan Unika Atmajayadibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menyaksikan program dengan iklanunthuk mengukur respomne ntyerahkasdiakpa nt apyraonggrana,m pahritbirsiidpas wbi edribmeinnttau km ernegaliistiy ksuheoswio.n Kere.Dari hasil perbandingan dapat disimpulkan bahwa program hibrida reality show memanglebih efektif daripada iklan dalam ha! sikap terhadap bentuk pesan komersial, sikapterhadap merek dan intensi membeli merek tapi tkjak pada brand recaU dan asosiasirrierek Belief perseverance sikap dan intensi membeli merek juga terjadi. Saran yangdiberikan adalah bagi penelitian selanjutnya dan implikasr praktis bagi pihak productionhouse atau perusahaan yang ingin memasarkan produknya dalam menyusun programhibrida berbentuk rea/rfy show. |
S2826-Poetry Arrum Kesuma.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S2826 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 67 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S2826 | 14-19-876667896 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287625 |