:: UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Laser : studi transmisi serat optik ragam tunggal pada panjang gelombang 1,5 um

Rochmah; (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi pada zaman modern ini, diperlukan sistem komunikasi serat optik yang mana memiliki redaman yang sangat rendah dengan kapasitas yang besar serta kecepatan yang tinggi sebagai persiapan menuju Jaringan Digital Pelayanan Terpadu (JDPT).
Dalam makalah ini dibahas mengenai transmisi serat optik ragam tunggal pada derah panjang gelombang 1,5μm. Serat optik ragam tunggal ini mempunyai lebar pita frekuensi yang lebar dan rugi-rugi serat yang sangat kecil, sehingga banyak dipergunakan dalam sistem komunikasi serat optik.
Dari studi literatur didapatkan bahwa lebar pita frekuensi untuk serat optik ragam tunggal pada panjang gelombang 1,3μm dan 1,5μm lebih besar dari 50GHz. Rugi-rugi serat yang terbaik pada panjang gelombang 1,3μm adalah 0,5 dB/km, sedangkan pada panjang gelombang 1,5μm adalah 0,2 dB/km. Dengan rugi-rugi serendah ini jarak pengulang dapat dibuat mencapai kurang lebih 200 km.
Laser DFB (Distributed Feedback Laser) dipergunakan sebagai sumber optik yang mempunyai panjang gelombang opersai pada 1,5 - 1,6 μm dan laser Fabry Perot sebagai perbandingan. Jarak pengulnagan sejauh 104 km dan 40 km dapat dicapai pada laju data 400 Mbit/s dan 1,6 Gbit/s beturut-turut dengan panjang gelombang 1,536μm yang dihasilkan laser DFB. Sensitivitas dari Avalanche Photodiode Germanium (APD Ge) sebagai detektor optik memberikan tingkat daya yang tinggi pada panjang gelombang 1,3 μm untuk serat optik ragam tunggal.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Rochmah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resources
Deskripsi Fisik ii, 14 pages: illustration; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-972795944 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20288351