Jembatan berbentang panjang terasa makin dibutuhkan di Indonesiaakhir-akhir ini, untuk menunjang kebutuhan peningkatan prasaranatransportasi yang demikian pesatnya didalam laju pembangunannasional. Dalam makalah ini disampaikan perkembangan sejarahpenggunaan beton untuk jembatan berbentang panjaug, yang berkem-bang pesat terutama berkat keberhasilan sistem beton pratekan.Selanjutnya disanpaikan .keuntungan jembatan .berbentang' panjangdengan sistem kantilever dan cable stayed, suatu sistem teknologimodern untuk jembatan berbentang panjang, terutama untuk lokasipelaksanaan yang relatif sulit. Seiring dengan meningkatnya tek-nologi beton, jembatan dengan sistem kantilever dan cable stayeddapat merupakan suatu pilihan ekonomis untuk jembatan denganpanjang bentang sampai 400 meter, dan 1000 meter bila dikombina-sikan dengan baja. Sebagai studi kasus, disampaikan pula rencanajembatan cable stayed Cisadane - Bumi Serpong Damai di SerpongJawa Barat. |