:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Atrategi marketing public relations Partai Keadilan Sejahtra dalam kampaye pemilu legislatif 2004 (studi kasus atas program kampanye partai keadilan sejahtra)

Irma Suryani Haskim Rasyidah; Alie Djahri, supervisor; Hardiyanto, examiner ([Publisher not identified] , 2005)

 Abstrak

Partai Keadilan Sejahtera adalah partai politik pemain baru dalam kancah politik Indonesia. Sebagai partai Islam, PKS terhitung sukses dalam peraihan suara pada pemilu legislatif 2004, yaitu mencapai delapan persen dari total jumlah pemilih. Kesuksesan peraihan suara PKS mengundang pemberitaan media dan komentar positif dari beberapa kalangan pengamat politik karena strategi komunikasi pemasarannya yang tidak banyak mengumbar janji-janji serta tidak pernah menyinggung asas Islam. Untuk mendukung kampanye, PKS menerapkan positioning bersih dan peduli. Dalam penelitian ini, penulis ingin menggambarkan strategi kampanye PKS secara marketing public relations dan pemasaran sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian studi kasus tunggal dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pemilihan narasumber disengaja, dan fokus penelitian adalah kampanye PKS pada masa kampanye pemilu legislatif 2004. Analisis data dilakukan dengan menjelaskan secara naratif dari kampanye PKS dengan mendampingkan sejumlah teori. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PKS telah menggunakan langkah-langkah strategi marketing public relations dan pemasaran sosial pada pemilu legislatif 2004 untuk mendukung perolehan suaranya.
Marketing public relations strategy of Prosperous Justice Party in legislative general elections campaign 2004, (case study for Prosperous Justice Party campaign program). (viii+xxix), 66 pages, 6 apendices, 6 articles, 24 books, bibliografy (1960- 2004) Prosperous Justice Party (PKS) have nominated as one of moslem based party that succed in general elections by getting eight persent. The succes of Prosperous Justice Party have been noticed by many segment, expecially by politics expert. Prosperous Justice Party (PKS) using marketing strategy by not talking much about Islam, to support their campaign their use positioning statement (clean and care). This research explain by using sosial marketing and marketing public relations strategy. This research using qualitative approach, singel case study methode. Informant chosed by purpose, and focus of this research is in strategy of Prosperous Justice Party in legislative general elections 2004. This research explain by using narative strategy. The result of this reasearch is that Prosperous Justice Party (PKS) using strategy of sosial marketing campaign and marketing public relations to support their votes.

 File Digital: 1

Shelf
 S3708-Irma Suryani Haskim Rasyidah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 69 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-013976629 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20289152