:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis implementasi corporate social responsibility dalam supply chain pada PT. Sido Muncul

Sitorus, Dewi Nova; Chaerul D. Djakman, supervisor; Siregar, Sylvia Veronica Nalurita Purnama, examiner; Elok Tresnaningsih, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Dewasa ini masyarakat menjadi lebih kritis dalam mengamati proses bisnis suatu perusahaan agar lebih memperhatikan keadaan alam dan lingkungan sosialnya dan tidak hanya mencari keuntungan ekonomi saja. Hal ini semakin didorong dengan munculnya beberapa peraturan atau UU yang mewajibkan perusahaan untuk melakukan kegiatan CSR. Skripsi ini membahas mengenai analisis implementasi CSR yang berkelanjutan pada salah satu perusahaan manufaktur dalam industri jamu dan obat tradisional yaitu PT. SidoMuncul. Implementasi CSR yang berkelanjutan ini tidak hanya dengan menjaga kelestarian lingkungan dan melakukan kegiatan sosial saja tetapi dengan mengimplementasikan CSR dalam supply chain perusahaan. Supply chain yang dibahas dalam skripsi ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu aktivitas R&D, aktivitas produksi, dan dalam hubungannya dengan konsumen. Skripsi ini juga membahas mengenai value added yang didapatkan oleh perusahaan dalam mengimplementasikan CSR dalam supply chain ini. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi CSR dalam supply chain pada PT. SidoMuncul telah dijalankan dengan baik dan memberikan value added yang salah satunya adalah peningkatan penjualan.

Recently society becomes more critical in observing company?s business process to pay attention for its environment and social communities and not only looking for economic gain. It is increasingly driven by the emergence of some rules or laws that require companies to do corporate social responsibility. This paper discusses the analysis of implementation of the sustainable corporate social responsibility at a manufacturing company in the herbal industry and traditional medicine, PT. SidoMuncul. Implementation of sustainable CSR is not only to protect the environment and do social activities but also b implementing CSR in the supply chain of the company. Supply chain discussed in this paper is divided into three parts, namely R & D activities, production activities, and relationship with consumers. This paper also discusses the value added gained by the company in implementing CSR in the supply chain. From this study, I find that the implementation of CSR in the supply chain at PT. SidoMuncul has been run well and provide value added, one of the value added is an increase in sales.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 93 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-60358887 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20289331