:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengaruh kualitas audit pada anomali akrual (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2009)

Siahaan, Erni Marsella; Yan Rahadian, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini menguji keberadaan anomali akrual pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009, pengaruh kualitas audit terhadap anomali akrual tersebut, serta pengaruh strategi trading yang memanfaatkan keberadaan anomali akrual. Kualitas audit diukur dengan ukuran Kantor Akuntan Publik (Big-4 dan Non Big-4). Sedangkan anomali akrual diukur dengan besarnya abnormal returns yang terjadi, seperti dalam penelitian Sloan (1996). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anomali akrual memang terjadi di Indonesia, dengan bentuk yang berlawanan dengan yang pada umumnya terjadi di luar negeri (overweighting akrual), yakni underweighting akrual. Dalam penelitian ini juga terbukti bahwa kualitas audit berpengaruh terhadap anomali akrual yang terjadi tersebut. Selanjutnya, ditemukan juga bahwa anomali akrual tersebut dapat memberikan keuntungan melalui strategi trading tertentu.

This study examines the existence of accrual anomaly in companies listed in Indonesian Stock Exchange 2009, the effect of audit quality on the anomaly, and the effect of trading strategy that exploit the existence of the anomaly. Audit quality was measured by size of auditor (Big-4 or Non Big-4). Accrual anomaly was measured by magnitude of abnormal returns formed. It was found that the accrual anomaly does occur in Indonesia, but with a form contrary to that generally occur in foreign countries (overweighting accrual), which is underweighting accrual. In this study also shown that the quality of audits will affect the occured accrual anomaly, but only in companies that receive lowquality audits. Furthermore, it was also found that the accrual anomaly can provide benefits through a particular trading strategy.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 88 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-746336424 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20290111