:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Probabilistic neural network teroptimasi untuk pengenalan wajah berspektrum gabungan infra merah dan cahaya tampak dengan normalisasi dan kompensasi iluminasi

Harry Bian Pramudia; Benyamin Kusumoputro, supervisor; Aries Subiantoro, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Backpropagation (BP) memiliki performa yang baik dalam mengklasifikasi citracitra wajah bertingkat iluminasi seragam. Namun untuk citra wajah yang bertingkat iluminasi beragam seperti pada aplikasi kamera pengintai maka BP akan kesulitan dalam mempelajari dan mengenalinya. Skripsi ini menggunakan metode Probabilistic Neural Network Teroptimasi (OPNN) sebagai Sistem Pengenal Wajah untuk spektrum gabungan infra merah dan cahaya tampak dengan intensitas yang berubah-ubah.
Skripsi ini juga menggunakan metode Normalisasi dan Kompensasi Iluminasi untuk mengurangi dampak variasi iluminasi pada citra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performa OPNN untuk mengenali wajah akan meningkat jika Data Train yang digunakan berisi citra dengan tingkat iluminasi yang beragam, dimana Tingkat Rekognisi rata-rata OPNN 18.36% lebih tinggi dari BP.

Backpropagation (BP) has a good performance in classifying face images with uniform illumination level. But Backpropagation have difficulty in learning and recognizing face images with varied ilumination level such in surveillance camera. This thesis uses Optimized Probabilistic Neural Network (OPNN) method as Face Recognition System for the joint spectrum of infrared and visible light with varying intensity.
This thesis also uses uses Illumination Normalization and Compensation method to reduce the impact of illumination variance on the image. The research shows that OPNN performance to recognize face will increase if Train Data used contains images with varying levels of illumination, which recognition rate of OPNN is 18.36% higher than BP.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S1266
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 70 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S1266 14-22-58826525 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20290222