:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran (Instructional Leadership) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMAN 2 Indramayu

Pramudia; Saragih, Ferdinand Dehoutman, supervisor; B.Y. Nugroho, examiner (Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Kepemimpinan Pembelajaran (instructional leadership) mempunyai peran yang sentral dalam menciptakan kondisi dan lingkungan sekolah yang dapat mendorong pencapaian prestasi siswa yang optimal. Prestasi akademik siswa adalah ukuran sebarapa baik siswa dalam memahami materi belajar yang dibuktikan pencapaian nilai terstandar melalui penilaian belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 2 Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 155 siswa kelas 12, dan analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan pembelajaran yang mencakup 7 dimensi yaitu : peningkatan secara berkelanjutan, budaya belajar, penilaian, pengembangan profesional guru, manajemen sekolah, etika, dan toleransi terhadap perbedaan, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 2 Indramayu.

Instructional Leadership has central role in creating condition and school climate in endorsing high student academic achievement. Student academic achievement is a measure of how well students are learning concepts and curriculum as evidence by standardized test scores, performance on classroom assessments.The research was conducted to analyze the influence of instructional leadership toward student learning achievement in SMAN 2 Indramayu. The approach of the research is quantitative, 155 students of twelve grade have been taken as sample, and simple regression has been applied to test the hypothesis of the research. Based on the result of the research indicated that instructional leadership which cover 7 dimensions: continuous improvement, culture for learning, assessment, professional growth, management of the school, ethic, and diversity, has significantly influence toward student learning achievement in SMAN 2 Indramayu.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T29579
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 159 pages. illustration ; 28 cm + appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T29579 15-18-486477651 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20290389