Masalah mutu pendidikan di Indonesia yang dikaitkan dengan keberadaan dan kinerja pengawas termasuk dukungan dari sistim birokrasi pemerintah daerah sudah bukan isue regional tapi sudah menjadi isue nasional. Hal ini menarik untuk diteliti dan tetap hangat untuk diperdebatkan dan tentuna harus dicari solusi dan pemecahannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan-determinan apa yang mempengaruhi kinerja pengawas TK/SD/SMP/SMA/SMK. kota Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang yang didasarkan pada paradigma positivisme. Dalam penelitian ini akan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pengawas kota Sukabumi. Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengawas seluruh jenjang pendidikan kota Sukabumi yang berjumlah 57 pengawas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis faktor yang digunakan untuk mencari dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mampu menjelaskan berbagai indikator independen yang diobservasi. Sedangkan untuk menguji kontribusi setiap variabel dalam penelitian ini, teknik yang akan digunakan adalah analisis regresi ganda (multiple regression). Analisis regresi ganda adalah suatu analisis peramalan nilai pengaruh dua variabel bebas atau lebih (variabel X) terhadap variabel terikat (Y) untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan kausal antara dua variabel bebas atau lebih. Dari hasil analisis regresi menunjukan bahwa variabel Kepemimpinan Kepala Dinas memiliki pengaruh yang dominan dan sangat signifikan. F hitung pada variabel independen yaitu kepemimpinan kepala dinas adalah 5.140. dengan membandingkan F hitung dengan F tabel α = 0,05 dengan derajat bebas pembilang 1, dan derajat bebas penyebut 55 didapat F tabel = 4.02. F hitung > F tabel berarti signifikan berpengaruh, atau dengan melihat probabilitasnya (sig) yang lebih kecil dari taraf signifikansi (0,027 < 0,05). Sedangkan pada variabel lain menunjukan bahwa probabilitas (sig) > α = 0,05, sehingga kelima variabel penelitian Pendidikan , evaluasi kepala dinas, disiplin pengawas, rekomendasi pengawas dan penghargaan kepala dinas adalah yang tidak signifikan berpengaruh terhadap kinerja pengawas TK, SD, SMP, SMA, SMK Kota Sukabumi Jawa Barat. The problem of education quality that connected with supervisor?s existance and performance include the supporting system of local govenment bereaucracy are not only as a regional but also as national issue. It is very interesting and debatable. One of the solution is study about supervisor?s problems and determinants that influences supervisor?s performance and teh solution of the problems. This study is aimed to find which determinans that influence on supervisor?s performance of TK/SD/SMP/SMA/SMK in the city of Sukabumi. This research belongs to a quantitative approach, based on positivism paradigm. This research will analize the factors that influence supervisor?s performance in the city of Sukabumi. The data gathering is by using questionare. The population of this research is all the supervisors of all levels of education, there are 57 supervisors in total and the researcher used the population as the sample (total sampling). The data analysis technique used is factor analysis to find and identify the factors that are able to explain any kinds of independent indicators observed. For analyzing contribution of each variable, regression analysis ( multiple regression) is used. Regression analisys is to predict influence value of two independent variables or more (X) toward dependent variable (Y). To prove the existance of causal relationship between two independent variables or more. The result of regression analisys shows that the leadership of the cheaf of educational affair has dominant and significant influence. F value of the independent variable is 5.140, by comparing F value with F crit α =0.05 with cfree degree 1, and sign free degree is 55 from F crit = 4.02. F value > Fcrit. It means it has significant influence or by proving its probability (sig) that smaller than significance level (0,027< 0,05). While another variables show that the probability (sig) > α = 0,05, so the five variables of educational research: the evaluation of the cheaf of education affair, supervisor?s discipline, supervisor?s recommendation, chief of educational affair reward has no significant influence to TK/SD/SMP/SMA/SMK supervisor?s performance in the city of Sukabumi West Java. Key words : Supervisor?s Performance. |