:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Desain dan pengujian alat pemadam api mini : karakteristik semburan air jarak dekat

Apriyos Naldi; Warjito, supervisor; Yulianto Sulistyo Nugroho, supervisor; Engkos Achmad Kosasih, examiner; Yanuar, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Peristiwa kebakaran merupakan hal yang sering terjadi di daerah perkotaan dengan pemukiman yang padat penduduknya. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah alat yang dapat digunakan secara efektif . Pemadam kebakaran mini merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk daerah-daerah tersebut. Selain bentuk pemadam yang berukuran kecil, pola sebaran air dari pemadam kebakaran mini tersebut juga sangat menentukan keefektifan dalam memadamkan api. Untuk itu, dalam penelitian ini dilakukan beberapa pengujian terhadap pola sebaran air yang terjadi. Dalam pengujian, dilakukan beberapa variasi pengambilan data dengan berbagai bukaan nossel, sudut yang berbeda, dan jarak. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sebaran air tersebut dengan variasi yang telah ditentukan, terutama untuk semburan air jarak dekat.

Fire accident often happen in the urban area with the large number of population. To overcome this case, we need the device which able to use effectively. Pemadam kebaran mini is one of the solution which can use to this urban area. It has small size and special spread pattern to determine its effectiveness in fire fighting. So, in this research we do some variation of collecting data method, nozzle flow, angle of shooting, and distances. The purpose of the research is to know the water spread characteristic with several variation which have determined before, especially for low range water spray pattern.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S969
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xv, 124 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S969 14-22-74924123 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20291164