:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Oreintasi ekspor kemungkinan jalan menuju pertumbuhan ekonomi di Korea Selatan: analisa suatau masalah ekonomi politik Internasional (1964-1988)

Lilik Haryanto; Farchan Bulkin, supervisor; Zainuddin Djafar, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Korea Selatan adalah negara yang miskin bahan mentah dan telah mengalami kehancuran di segala bidang Namun dalam waktu kurang setelah dijalankan kebijaksanaan pada Perang Korea 1950-1953. dari dua dasawarsa, orientasi ekspor, Korea telah berhasil menempatkan dirinya dalam deretan negara-negara industri baru. Sukses yang justru terjadi pada saat resesi melanda seluruh dunia. Sebuah keberhasilan yang, tentu banyak mengundang petanyaan dan perdebatan. Perdebatan untuk mengetahui dengan jelas sebab-sebab terjadinya laju pertumbuhan atau ekonomi yang menakjubkan itu. Mengingat menariknya permasalahan, namun terbatas dalam waktu maka skripsi ini dimaksudkan untuk membahas kebijaksanaan orientasi ekspor yang mempengaruhi keberhasilan pertumbuhan ekonomi Korea di dalam analisa ekonomi politik internasional. Pertanyaannya adalah bagaimana menghentikan pertanyaan, kapan keberhasilan pertumbuhan ekonomi Korea itu akan mengalami kemandekan. Sementara sampai saat ini pertumbuhan ekonominya tetap berjalan dengan baik, dengan diikuti penambahan-penambahan di segala bidang, yang selama ini dirasa tidak efisien, kurang bermanfaat serta menghindar dari semua bentuk yang dapat menghalangi pertumbuhan ekonominya. Pertanyaan berikutnya adalah kapan Korea Selatan akan mampu mensejajarkan dirinya sama dengan negaranegara industri maju Barat dan Jepang, yang tentu juga diikuti dengan proses demokratisasi politik, sebagaimana yang dirasakan oleh masyarakat yang demokrasi politiknya telah mapan. Hanyalah kehendak dan waktulah yang akan dapat menj awabnya.

 File Digital: 1

Shelf
 S5567-Lilik Haryanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S5567
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 117 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S5567 14-19-984726013 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20292022