ABSTRAK Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah mempengaruhikinerja guru. Kinerja guru menentukan keberhasilan dalam pembelajaran di sekolah. Pentingnya persiapan mengajar dengan desain RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang meliputi pembukaan, kegiatan inti dan evaluasi dilaksanakan dengan proporsi yang akurat serta menggunakan media yang modern dan metode yang variasi sehingga mengurangi kejenuhan siswa dalampembelajaran.Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan dan pengaruh antara supervisi akademik dengan kinerja guru pada jenjang SMA Negeri di Guligas 2 Sliyeg Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada tahun 2011. Analisis ini dilandasi teori Amatembun (1981) dan Alfonso, Farith, serta Novella (1981) yang isinyabahwa faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah supervisiakademik yang dilakukan oleh kepala sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatankuantitatif dan kualitatif (mix method). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana.Hasil uji korelasi dan regresi bahwa variabel bebas (supervisi akademik) dalam penelitian ini ada hubungan dan mempengaruhi variabel terikat (kinerja guru) secara signifikan sebesar 58,8% di Guligas 2 Sliyeg. Abstract Academic supervision done by the shool principal influenced teachers performance. Teachers performance determined teachers success in teaching learning process. The importance of teachers preparation in teaching by using lesson plan : opening, core activity and evaluation done by using accurate proportion and various methods to avoid students' boredom in learning.The purpose of the research is to analyze the correlation and influence between academic supervision and teachers performance at SMA Negeri Guligas 2 Sliyeg, Indramayu West Java in 2011. The analisys was based on Amatembun theory (1981), Alfonso, Farith, and Novella (1981) said that the factor which influence teachers performance was academic supervision done by the school principal.The research is eksplanative research with quantitative and qualitative approach (mix method). The tecnique of data gathering was through questionaire, interview and observation then analyzed by simple regression analisys technique.The result of correlation and regression analisys show that independent variable (academic supervision) has the correlation and significantly influence the dependent variable (teachers performance) about 58,8% in Guligas 2 Sliyeg. |