:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Sistem Politik Amerika Di Masa George W. Bush Dan Desakan Kelompok Neokonservatif Untuk Melaksanakan Strategi Unilateral Terhadap Iran

R. Nurul Ashri; Suzie Sri Suparin S. Sudarman, supervisor; Riani Emma Inkiriwang Winter, examiner; Nana Nurliana, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang sistem politik Amerika Serikat di masa George W. Bush yang dipenuhi oleh berbagai kelompok kepentingan yang ingin menggunakan pengaruhnya untuk menerapkan kebijakan luar negeri yang sesuai dengan kepentingannya. Dalam tesis ini disebutkan tentang kelompok-kelompok kepentingan yang berhasil masuk ke dalam sistem politik pemerintah Bush. Kemudian kelompok-kelompok kepentingan ini bersaing kembali untuk menjadi penggerak utama arah kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Kebijakan luar negeri Amerika Serikat di dalam tesis ini berfokus pada kebijakan di Iran. Kelompok kepentingan yang paling kuat dan paling berkuasa selanjutnya menetukan arah kebijakan luar negeri Amerika terhadap Iran. Kelompok kepentingan terkuat ini adalah kelompok Neokonservatif. Di dalam pemerintahan Bush, kelompok Neokonservatif menerapkan arah kebijakan luar negeri yang radikal yaitu dengan intervensi militer. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sisitem politik Amerika yang terbuka telah memungkinkan kelompok Neokonservatif menggerakan arah kebijakan luar negeri Amerika Serikat di Iran.

This thesis is talking about the United States political system in the Bush administration period which is filled by many interest groups intending to use its influence to apply a foreign policy which is suitable to their own priorities. This thesis describes the interest groups which had succeeded in getting into Bush administration political system. Then these interest groups competed with each other to be the main player in America foreign policy. America foreign policy in this thesis is focused on Iran policy. The strongest interest group determines America foreign policy in Iran. The strongest interest group is the Neoconservative group. In the Bush administration, Neoconservative group determines a radical foreign policy by applying military intervention. The result of this research summarizes that the opened America political system has made it possible for Neoconservative group to determine America foreign policy in Iran.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T30178
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : vii, 73 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30178 15-17-197151432 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20293908