ABSTRAK Penelitian ini membahas argumen dalam narasi yang terdapat pada tulisan SamuelMulia di rubrik Parodi Kompas Minggu pada tahun 2010. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa semua elemen narasi terdapat pada tulisan Samuel Muliayaitu abstraksi, orientasi (tokoh, situasi, dan waktu), komplikasi, evaluasi, hasil,dan koda. Elemen-elemen narasi tersebut sebagian besar dibangun oleh hubunganantarproposisi logis, yaitu hubungan alasan-HASIL; hubungan syarat-KONSEKUENSI; hubungan sarana-TUJUAN; hubungan konsesi-LAWANHARAPAN, dan hubungan dasar-KESIMPULAN. Hubungan-hubungan tersebutmerupakan hubungan logis yang menunjukkan adanya argumen yang hendakdisampaikan pada narasi dalam tulisan Samuel Mulia tersebut. Selain hubunganlogis tersebut, sebagian elemen narasi dibangun oleh hubungan antarproposisiorientasi dan penjelasan, yaitu hubungan keadaan-INDUK; hubungan INDUKamplifikasi;hubungan ilustrasi-INDUK; dan hubungan GENERIK-spesifik.Elemen narasi yang mengandung argumen adalah evaluasi, orientasi, dankomplikasi. Oleh sebab itu, narasi tidak hanya menceritakan peristiwa saja, tetapijuga menyampaikan sesuatu. Abstract This research discusses argument in narrative texts, which is Samuel Mulia's article in rubric Parody of Kompas Minggu 2010. The result of this researchshows that narrative elements found in Samuel Mulia works are abstraction,orientation (actor, time, and situation), evaluation, complication, result, and coda.Most parts of those narrative elements are constructed by logic interpropositionrelations, which are reason-RESULT relation; condition-CONSEQUENCErelation; means-PURPOSE relation; consession-CONTRAEXPECTATION; andground-CONCLUSION. Those relations are logic relations which showarguments that the writer wants to convey in the text. While the other parts of thenarrative elements are constructed by support relation and orientation relation,which are circumstance-HEAD relation; HEAD-amplification relation;illustration-HEAD relation; and GENERIC-specific relation. Narrative elementswhich contain argument are evaluation, orientation, and complication. Therefore,the narrative texts not only tell about events but also convey arguments. |