Implementasi dan analisa prototype adaptive testing system menggunakan metode IRT One parameter model pada pembelajaran bahasa Inggris = The implementation and analysis of a prototype adaptive testing system using one parameter model with IRT method of English course
Tanzil, Saomi;
Anak Agung Putri Ratna, supervisor; A. Endang Sriningsih, examiner; I Gde Dharma Nugraha, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)
|
ABSTRAK Dalam skripsi ini membahas mengenai perancangan dan implementasi prototypeadaptive testing system dengan metode IRT one parameter model. Di dalamadaptive testing system, siswa diberikan soal berdasarkan kemampuannya.Pemberian soal disesuaikan dengan respon jawaban dari soal sebelumnya, jikasiswa menjawab dengan benar maka untuk soal selanjutnya dia akan mendapatkansoal yang lebih sulit tetapi sebaliknya, jika siswa tersebut tidak bisamengerjakannya maka soal berikutnya akan lebih mudah. Metode IRT oneparameter model telah berhasil diterapkan pada sistem dengan parameter tingkatkesulitan soal berkisar dari -3 sampai 3. Rata-rata waktu akses (detik) dalammembuka halaman test dengan perbedaan pada file yang ditampilkanmenyimpulkan bahwa file yang ditampilkan berpengaruh pada waktu yangdibutuhkan untuk mengakses halaman dari masing-masing test. Rata-rata waktuakses yang dibutuhkan untuk membuka halaman test vocabulary, test listeningdan test reading adalah 2.22E-05 detik, 2.72E-05 detik dan 2.24E-05 detik.Penilaian sistem yang disebar melalui kuesioner dengan empat belas pertanyaanpada sepuluh responden menyatakan bahwa prototype adaptive testing systembased on IRT sudah bekerja dengan baik. ABSTRACT This final project discusses the design and implementation of a prototype adaptivetesting system using one parameter model with IRT method. In the adaptivetesting system, students are given questions based on their ability. The giving ofquestion is tailored to the response of the previous question. If the student answerscorrectly then the next question the student receives will be harder than theprevious, but if the student is not able to do it then the next question will be easier.IRT one parameter model has been successfully utilized in this system withdifficulties parameter of items ranging from -3 until 3. Average access time(second) in opening test page with different type of file in every test pageconcludes that the file that are opened are influenced by access time that every testpage needed. Average access time needed to open the vocabulary test page,listening test and reading test is 2.22E-05seconds, 2.72E-05 seconds and 2.24E-05seconds. Grading system through which questioners with fourteen questions givento ten respondents concludes that this prototype adaptive testing system based onIRT has successfully worked. |
![]() |
No. Panggil : | S1778 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xii, 70 pages ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S1778 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20295218 |