ABSTRAK Dewasa ini di Indonesia perkembangan pengguna layanan internet berkembangdengan sangat pesat, dan dengan prediksi pertumbuhan pengguna yang sangatpesat, maka layanan mobile internet merupakan suatu sumber pemasukan sangatmenjanjikan bagi Industri Telekomunikasi di dunia pada umumnya dan diIndonesia khususnya. Persaingan layanan mobile internet antara operatortelekomunikasi di Indonesia sangat sengit, sehingga diperlukan strategi pemasaranyang sesuai dengan kemauan calon pelanggan. Dari operator ? operator tersebut,saat ini jumlah pelanggan layanan mobile internet yang paling banyak dimilikioleh PT. Telkomsel melalui merek Telkomsel Flash. Dimana jumlah pelanggantelkomsel Flash yang masih sedikit sekali jika dibandingkan dengan jumlah totalpelangan telkomsel. Maka potensi Telkmosel Flash sebagai sumber revenue baruuntuk Telkomsel sangatlah besar, dan oleh karena itu Telkomsel perlumenganalisa faktor ? faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam memilihlayanan telkomsel flash sebagai bahan acuan untuk memfokuskan kekuataninternal dalam menghadapi persaingan atau meningkatkan jumlah pelanggan.Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan calon pelanggan dalammemilih suatu layanan mobile internet.Tesis ini bertujuan untuk menganalisa faktor ? faktor yang mempengaruhikeputusan konsumen dalam memilih telkomsel flash sebagai sebagai bahan acuanbagi PT Telkomsel untuk memfokuskan kekuatan internal dalam menghadapipersaingan atau meningkatkan jumlah pelanggan.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor motivasi, persepsi, dan sikap terbuktimempengaruhi keputusan pelanggan dalam memilih layanan Telkomsel Flash.Faktor motivasi (X1), persepsi (X2), dan sikap (X3) berpengaruh highlysignificant terhadap keputusan memilih (Y) layanan Telkomsel Flash. Maknahighly significant menunjukkan bahwa motivasi, persepsi, dan sikap berpengaruhsangat nyata secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen memilih layananTelkomsel Flash, sehingga dengan demikian semakin baik motivasi, persepsi, dansikap konsumen terhadap Telkomsel Flash maka keputusan untuk memilihlayanan tersebut akan semakin meningkat. Faktor motivasi (X1), persepsi (X2),dan sikap (X3) juga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumenmemilih layanan Telkomsel Flash. ABSTRACT Today in Indonesia internet user are developing very rapidly, and with a veryrapid user growth prediction for mobile internet, made mobile internet service avery promising source of revenue for telecommunication industry in the world andIndonesia. The competition of mobile internet service among the operators inIndinesia is very fierce, so a marketing strategy which in accordance with thewishes of potential customers is a must. From those operators,PT Telkomsel withTelkomsel Flash Brand is the one who have the most number of subscribers ofmobile internet servicesThe subscribers of Telkomsel Flash is still verylittle compared with the total number of Telkomsel customers. So the potentialofTelkmoselFlash as a new revenue source for Telkomsel is very large, andtherefore Telkomsel need to analyze the factors that affect customersin choosing service Telkomsel flash as reference to focus the internal strength inthe face of competition or increase the number of subscribers. Many factors caninfluence customer decision in choosing a mobile internet service.This tesis will analyze factors that influence customer decision to chooseTelkomsel Flash as their mobile internet service as a reference materials for PTTelkomsel to focus its internal strength in the face of competition or to increasethe number of Telkomsel Flash Subscriber.Research have proven that motivation, pereption, and attitude affect customer?sdecision to chose Telkomsel Flash service.motivation (X1), perception (X2), andattitude (X3)high significantly affectthe decision to choce Telkomsel Flashservice. High significantly affect here means that motivation, perception, andattitude altogether really give a concrete influence he decision to chose TelkomselFlash service. Therefore, as the higher and more positive the motivation,perception, and attitude towards Telkomsel Flash, the decision to xhose TelkomselFlash is more likely. Motivation (X1), perception (X2), and attitute (X3) alsopartially affect the consumer?s decision to chose Telkomsel Flash service. |