ABSTRAK Tesis ini membahas implementasi kebijakan sertifikasi guru pada SMA Negeri diKecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu dan faktor-faktor yangmempengaruhinya yaitu Komunikasi, Sumber daya, Sikap para pelaksana, StukturBirokrasi organisasi pelaksana, dan Lingkungan sosial ekonomi. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitianmenyarankan bahwa pihak-pihak yang terkait dalam implementasi kebijakan perlulebih peduli pada kelengkapan dan kejelasan dari isi kebijakan sertifikasi guru;guru perlu memahami maksud dan tujuan sertifikasi sebagai upaya reformasipendidikan dengan menjadikan guru sebagai suatu jabatan profesi; perlunyaperencanaan yang matang, koordinasi dan kinerja yang baik dari para pelaksanayang menangani penyelenggaraan sertifikasi guru. Abstract The research explained the implementation of certification policy and factors thatinfluences of it such as Communication, Resource, Attitude or Disposition,Structure Organization, and Social Economic. The result of the research suggestthat the stakeholders in implementing the policy should be more focus on clearityof the policy. The teacher need to understand the purpose of teacher certificationas educational reform; accurate planning, coordinating, and good performanceneed to be set in implementing the policy of teacher certification. |