ABSTRAK Secara umum, tesis ini membahas dua hal, yaitu penggalian penanda dan petandayang pada kedua iklan Sari Serat Alami Merek X, baik yang versi wasir dan versiUlfa Dwiyanti. Kemudian, menelaah interpretasi pemirsa tentang kedua iklantersebut. Untuk itu penelitian ini menggunakan kerangka berpikir semiotikaRoland Barthes sebagai sebuah kerangka teoretis, dipadukan dengan pemikiranlainnya; setelah itu, pemikiran ?Discursive Symbolism akan berperan sebagaijembatan antara tanda dan simbol, ditopang pemikiran interaksionisme simbolik.Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif.Ada sejumlah hasil yang dapat diambil di dalam penelitian ini. Mulai dariterbentuknya empat macam konstruksi sosial pada Iklan Sari Serat Alami MerekX Versi Wasir, kemudian muncul pula empat macam konstruksi sosial pada iklanSari Serat Alami Merek X versi Herbal. Berbagai macam konstruksi sosialtersebut akhirnya membentuk mitos bahwa Sari Serat Alami Merek X mampuuntuk menggantikan serat alami) dalam rangka menjaga kesehatan pencernaan.Namun, tidak seluruhnya konstruksi sosial tersebut diinterpretasikan pemirsasecara sama, dengan yang diinterpretasikan pembuat iklan. Demikian halnyadengan Iklan Sari Serat Alami Merek X Herbal Versi Ulfa Dwiyanti.Implikasi dari penelitian ini ialah penelitian ini mampu menunjukkan bahwa yangpemikiran semiotika Roland Barthes dapat diangkat pada tataran teoretis, dandipadukan dengan pemikiran-pemikiran lainnya tentang warna, nonverbal,kinesika, hingga gerak kamera. Juga menggunakan teknik analisis data danmenggabungkannya dengan kerangka pemikiran, menunjukkan bahwa semakinkaburnya batasan antara metode penelitian dengan kerangka pemikiran.Rekomendasi dari penelitian ini mulai dari membuat iklan yang simple namunmengandung informasi yang utuh, sampai meletakkan peringatan pada setiapproduk suplemen makanan layaknya iklan rokok. Abstract In general, a thesis discusses two things, namely extracting markers and markersare on the second ad Natural Fiber Sari Brand X, both versions of the hemorrhoidsand Ulfa Dwiyanti version. Then, examining interpretations of viewers on the ads.Therefore this study uses semiotics of Barthes's frame of mind as a theoreticalframework, combined with other ideas, after which, thinking "DiscursiveSymbolism? will act as a bridge between signs and symbols, symbolicinteractionism sustained them. This study uses the interpretive paradigm.There are number of results that can be taken in this study. Starting from fourkinds of social constructions in Natural Fiber Sari Advertising Brand X Versionhemorrhoids, then there are also four kinds of social constructions in NaturalFiber ads Brand X Herbal versions. A wide range of social constructions wasfinally established a myth that the product is able to replace natural fibers in orderto maintain digestive health.However, not all social constructions are interpreted same, which is interpreted bythe advertiser;The implications of this research study is able to show that the semiotics ofRoland Barthes's ideas can be lifted on a theoretical level, and combined withother ideas about color, nonverbal, kinesics, up to the camera motion. Also usingdata analysis techniques and combine them with a framework of thought,suggesting that the blurring of boundaries.Recommendations from this study from making a simple ad, but containsinformation that is intact, to put a warning on any dietary supplement productslike cigarette advertising. |