ABSTRAK Penelitian ini menggunakan teori Pengaruh Kelompok Rujukan, Pengaruh SumberPesan, Motivasi Konsumen, Mobile Viral Marketing dan Keputusan PembelianKonsumen. Tujuannya untuk melakukan identifikasi terhadap hubungan KelompokRujukan terhadap Keputusan Pembelian produk keripik pedas ?Maicih? olehkonsumen. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan hubunganyang terjadi antara Sumber Pesan, Motivasi dan Mobile Viral Marketing sebagaivariabel kontrol.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik survey. Pengambilan sampelpenelitian menggunakan non-probability random sampling dengan jumlah sampel200 orang responden yang adalah konsumen keripik pedas ?Maicih?. Metodeanalisis data yang dilakukan menggunakan analisis mulai dari Univariat, AnalisisBivriat hingga Analisis Multivariat.Uji elaborasi yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat hubunganyang cukup kuat antara Kelompok Rujukan terhadap pembentukan KeputusanPembelian konsumen. Pada hubungannnya terhadap variabel kontrol, di dapatibahwa variabel Sumber Pesan dan Mobile Viral Marketing merupakan variavelIntervening (Spesifik). Sedangkan variabel kontrol Motivasi adalah sebagaivariabel Antesendent.Implikasi akademis dari penelitian ini membuktikan adanya hubungan konsumendengan lingkungan sosial yang mengindikasikan bahwa konsumen dalam keputusanakhir dalam membeli produk tertentu dapat dipengaruhi oleh kelompok rujukanseperti teman, keluarga dan rekan kerja. Sementara implikasi praktis bahwapengaruh Kelompok Rujukan untuk membentuk Motivasi atas referensi darikelompok rujukan dengan menambahkan pemanfaatan Sumber Pesan dan MobileViral Marketing dalam menyebarkan pesan viral dan informasi terutama yangberkaitan dengan produk konsumsi.Karena itu, rekomendasi yang dapat diberikan adalah Penelitian selanjutnya dapatmenerapkan konsep lain dari Psychological core dan Consumer Culture core.Berdasarkan penggunaan Mobile Viral Marketing lebih lanjut dapat diterapkan baikdalam bentuk penelitian dengan kualitatif maupun dengan kuantitatif yangperlandaskan pesan Viral Marketing dalam bentuk sumber pesan lain. Abstract This study uses the theory of Reference Group Influence, Source Influence,Consumer Motivation, Mobile Viral Marketing and Consumer Purchase Decision.Goal is to identify the relationship of the Reference Group of the product purchasedecision spicy chips "Maicih" by consumers. In addition, this study also aims tomap the relationship between Source Influence, Motivation and Mobile ViralMarketing as a control variable.The study was conducted using survey techniques. Sampling non-probabilitystudies using random sampling with a sample of 200 respondents who are theconsumers of chips spicy "Maicih". Methods of data analysis were performed usingunivariate analysis from, Bivriat Analysis to Multivariate Analysis.Elaboration of test carried out lead to the conclusion that there is a strong enoughrelationship between the Reference Group on the formation of consumer purchasedecisions. At hubungannnya of control variables, the variables found that the sourcemessage and Mobile Viral Marketing is an intervening variavel (Specific). Whilethe control variables are as variable Antesendent motivation.Academic implications of this study prove the existence of the consumerrelationship with the social environment which indicates that consumers in the finaldecision in buying a particular product can be influenced by reference groups suchas friends, family and coworkers. While the practical implications that influencemotivation to form a Reference Group of the reference of a reference group to add aResource utilization and Messages in Mobile Viral Marketing viral spreadmessages and information primarily related to consumer products.Therefore, the recommendations can be given is Future studies can apply anotherconcept of Psychological core and core Consumer Culture. Based on the use ofMobile Viral Marketing can further be applied either in the form of research with aqualitative and a quantitative perlandaskan Viral Marketing message in anothermessage source. |