ABSTRAK Fenomena empiris menunjukkan terjadinya perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan. Kondisi ini mempengaruhiperkembangan media sebagai salah satu agen sosialisasi utama. Media dalam halini majalah merupakan salah satu alat promosi kesehatan untukmenyosialisasikannya kepada masyarakat dan dapat memberikan pengaruh yangbesar dalam penyampaian berita kepada setiap individu pembacanya. Oleh sebabitu perlu kajian sosiologi untuk melihat bagaimana majalah Healthy Lifemengkonstruksi perilaku sehat bagi pembacanya.Penulis meminjam pemikiran Berger dan Luckmann untuk menganalisishasil penelitian melalui dialektika externalisasi, obyektivasi dan internalisasi.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis wacana.Dengan menggunakan framing model Gamson dan Modligiani, penulismengungkap bagaimana konstruksi yang diciptakan tentang sehat melalui majalahHealthy Life pada rubrik Healthy Trend. Selanjutnya penulis melakukanwawancara mendalam dengan beberapa informan di bagian produksi teks sertakonsumen pembaca.Temuan penelitian menunjukkan bahwa konstruksi sehat yang dibangunmajalah Healthy Life dalam rubrik Healthy Trend mengutamakan perilaku sehatdalam konsep medis modern. Namun rubrik ini sudah mulai mempromosikankonsep sehat non fisik seperti sehat emosi dan sosial. Konstruksi perilaku sehattersebut ditujukan kepada segmen perempuan urban menengah ke atas. Lebihlanjut konstruksi yang dibentuk oleh majalah Healthy Life adalah sebagai suatukeadaan dari tidak adanya suatu penyakit pada fisik. Pada proses konstruksi,media membangun kolaborasi dengan aktor-aktor baik individu (dokter, pakarhukum, pakar kesehatan) maupun institusi (SIKIB, Tje Fuk, On Clinic) yangberada di belakangnya. Abstract We have observed recently from the empirical phenomenon that there is a vastdevelopment of science and technology especially in health care. This development has animpact to mass media as one of the main socialization agents of health care. Mass media, inthis case magazine, as one of the promoting agent of health care, can give a big impact toindividual reader. Therefore, a social discourse is needed to evaluate how Healthy Lifemagazine constructs a healthy behavior in the society within a certain frame.The author utilizes Berger and Luckmann?s theory in carrying out the analysis throughexternalization, objectivation, and internalization dialectics. The method being used for theresearch is qualitative with discourse analysis as its main analytical method. With Gamsonand Modligiani?s framing analytical model, the author reveals how health is beingconstructed by Healthy Life in its Healthy Trend column. Moreover, the author also carriedout deep interviews to the editor and readers.The research found out that the construction of health by Healthy Life in its HealthyTrend column considers that the healthy behavior by the modern medical concept as the mostimportant. However, the column has also promoted the non-physical healthy concept such asemotional and social healthy. This healthy behavior is aimed primarily to the segment ofurban female in the middle or higher class. Furthermore, the construction of health beingframed by Healthy Life is referring to a condition in the absence of physical illness. Inconstructing process, this mass media develops a back stage relationships with actorsindividually such as doctors, law practitioners, health experts, as well as institutionally suchas SIKIB, Tje Fuk, and On Clinic. |