:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengetahuan dan sikap terhadap KB pada golongan masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak ikut KB (studi perbandingan di kelurahan Penjaringan)

Iris Satyawati; Pandjojo Moeljosoetjipto, supervisor; Suwantji Sisworahardjo, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1987)

 Abstrak

Program KB merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak serta mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera yang menjadi dasar bagi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran dan pertambahan penduduk Indonesia. Penggarapan program KB terutama ditujukan pada golongan masyarakat berpenghasilan rendah, dan memang dari berbagai hasil pemantauan mengenai masalah kependudukan di Indonesia selama ini, pada golongan masyarakat berpenghasilan rendah cenderung memiliki tingkat fertilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan golongan menengah dan atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan sikap terhadap KB pada pasangan usia subur yang tidak ikut KB dari golongan masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di wilayah-wilayah yang tingkat partisipasi masyarakatnya dalam KB di atas 55% dan yang di bawah 55% di kelurahan Penjaringan. Juga untuk mendapatkan gambaran mengenai pasangan usia subur yang tidak ikut KB di kelurahan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di wilayah yang tingkat partisipasi masyarakatnya dalam KB di atas 55%, res ponden yang membunyai pengetahuan tentang KB yang lebih baik, jumlahnya cenderung lebih banyak daripada di wilayah yang tingkat partisipasi masyarakatnya dalam KB di bawah 55%. Demikian pula halnya dengan sikap terhadap KB. Pada penelitian ini juga dilihat peranan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB). Dan ternyata terdapat gambaran bahwa responden dalam penelitian ini merupakan bagian yang tertinggal dari jangkauan kunjungan-kunjungan yang dilakukan PLKB.

 File Digital: 1

Shelf
 S7054-Iris Satyawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1987
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 156 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Uiversitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-990619430 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20298871