ABSTRAK Setiap organisasi tentunya melakukan aktivitas komunikasi publik yangmerupakan peran dari boundary spanning dalam upayanya menyelaraskanpertukaran informasi antara organisasi dengan lingkungan. Salah satu fungsikomunikasi publik menurut Goldhaber (1993) adalah untuk membentuk danmeningkatkan citra. Dalam membentuk dan meningkatkan citra diperlukanpemahaman informasi yang baik dan benar antara sumber dan penerima informasisehingga aktivitas penciptaan dan penerimaan pesan bisa berjalan seperti yangdiharapkan. Penelitian dengan metode kuantitatif ini melihat seberapa besarpengaruh komunikasi publik dalam membentuk citra perusahaan dengan studipada perusahaan produsen aspal buton PT. Aston Adhi Jaya yang melakukankomunikasi publik berupa iklan, presentasi publik dan pemberitaan di mediamassa.Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa ketiga aktivitaskomunikasi publik yang dilakukan dapat membentuk citra pada tahapan kognitif,namun hanya presentasi publik saja dan pemberitaan di media massa yangsignifikan membentuk citra sampai tahapan afektif. Mengingat besarnya peranpresentasi publik maka aktivitas ini perlu ditingkatkan untuk memberikanpemahaman yang lebih baik atas suatu informasi mengenai PT. Aston Adhi Jayadan produknya. Selain itu perusahaan juga tidak menutup kemungkingan untukmelakukan aktivitas komunikasi publik lainnya yang disesuaikan dengan publikyang ingin dituju. Dalam penelitian ini juga terlihat bahwa peran mediakonvensional masih efektif dalam membentuk citra. ABSTRACT Every organization certainly performs public communication activity ?role of boundary spanning aiming to coordinate information exchange betweenthe organization and environment. As stated by Goldhaber (1993), one of thepublic communication functions is to establish and improve image. In establishingand improving the image, it is important to set up good and correct informationunderstanding between the source and receiver of information; thus, the messagecomposition and receipt may work well as expected. This quantitative-basedresearch is focused on how public communication influences the corporate imageestablishment under the study on Buton Asphalt producing company - PT. AstonAdhi Jaya ? which performs public communications of ads, public presentationand news report in mass media.The finding of this research shows that the three public communicationactivities may establish image in cognitive stage, but, only public presentation andnews report in mass media can significantly establish image to affective stage.Due to significant role of public presentation, this activity should be improved toprovide better understanding on the information regarding PT. Aston Adhi Jayaand its products. In addition, it is also possible for the company to performdifferent public communication activities adjusted with the targeted public. In thisresearch, it is obvious that the role of conventional media is still effective inestablishing the image. |