ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya ketidakmengertian penyelenggarapenyiaran terhadap peraturan dan kebijakan proses perizinan penyiaran yang olehsebab itu perlu adanya strategi komunikasi dari Direktorat Penyiaran dalammengkomunikasikan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkandan mengevaluasi strategi komunikasi Direktorat Penyiaran dalammengkomunikasikan peraturan dan kebijakan proses perizinan penyiaran.Metodologi penelitian menggunakan paradigma konstruktivis pada pendekatankualitatif yang bersifat evaluatif serta strategi sosial konstruksionisme. Hasilpenelitian menemukan bahwa strategi komunikasi dilaksanakan secara rutinsesuai dengan perencanaan yang ada. Disimpulkan bahwa strategi komunikasisudah berjalan dengan baik namun pelaksanaan perizinan belum optimal karenakendala wilayah Indonesia yang luas, kurangnya SDM Direktorat Penyiaran,sulitnya waktu koordinasi serta belum adanya sistem database yang berbasis IT. ABSTRACT This research based on by ignorance from many broadcasting organizer of theregulation and licensing of broadcasting policy process and therefore the need forthe communicaiton strategy of the Directorate of Broadcasting in communicatingit. This study aims to describe and evaluate communication strategies incommunicating the Directorate of Broadcasting and regulation of broadcastingpolicy of th elicensing process. Methodological research is using the paradigmconstructivist on a qualitative approach that is descriptive and social strategiesconstuctsionism. The result of the research found that communication strategic areroutinely implemented in accordance with the existing plan. Concluded thatcommunication strategies are already good, but the implementation is not optimaldue to licensing constraints of Indonesia?s vast territory, the lack of humanresources directorate of broadcasting, the difficulty of the coordination and thelack of IT-Based on database system. |