:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Hubungan karekteristik perawat dan budaya organisasi dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta

Eni Widiastuti; Junaiti Sahar, supervisor; Mustikasari, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner; Aat Yatnikasari, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Tujuan penelitian menggambarkan hubungan karakteristik perawat dan budaya organisasi
dengan kepuasan pasien di RSIJ Pondok Kopi. Penelitian ini deskriptif korelasi dengan Cross
Sectional dengan sampel perawat 106 dan sampel pasien 423. Hasil penelitian perawat
mempersepsikan baik tentang budaya organisasi 53.8%. Kepuasan pasien 54.6%. Ada hubungan
antara karakteristik perawat dan budaya organisasi dengan kepuasan pasien meliputi: umur, masa
kerja, tipe karyawan yang ramah, formalitas rendah dan ketrampilan mendengar yang baik (p <
0.05). Sedangkan jenis kelamin, pendidikan, perluasan formalitas dan kejelasan peran tidak ada
hubungan dengan kepuasan pasien (p > 0.05). Variabel yang paling berhubungan dengan
kepuasan pasien adalah ketrampilan mendengar yang baik. Pimpinan rumah sakit perlu
memperkuat budaya organisasi terutama ketrampilan mendengar yang baik melalui sosialisasi
budaya secara berkesinambungan dan berkala.

ABSTRACT
The purpose of this study describes the relationship of nurse characteristics and organizational
culture with patient satisfaction in Pondok Kopi Jakarta Islamic Hospital. This study descriptive
correlation with Cross Sectional with 106 nurses samples and 423 patient samples. The research
nurse about the culture of the organization perceives both 53.8%. 54.6% patient satisfaction.
There is a relationship between nurse characteristics and organizational culture with patient
satisfaction included: age, tenure, type of employee-friendly, low formality and good listening
skills (p <0.05). As for gender, education, expansion of formality and clarity of the role are no
association with patient satisfaction (p> 0.05). Variables most associated with patient satisfaction
is good listening skills. Hospital leaders need to strengthen the organizational culture, especially
good listening skills through cultural socialization and continuous basis.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T30655
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 128 pages ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30655 15-18-727628376 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20302769