ABSTRAK Tujuan penelitian menggambarkan hubungan karakteristik perawat dan budaya organisasidengan kepuasan pasien di RSIJ Pondok Kopi. Penelitian ini deskriptif korelasi dengan CrossSectional dengan sampel perawat 106 dan sampel pasien 423. Hasil penelitian perawatmempersepsikan baik tentang budaya organisasi 53.8%. Kepuasan pasien 54.6%. Ada hubunganantara karakteristik perawat dan budaya organisasi dengan kepuasan pasien meliputi: umur, masakerja, tipe karyawan yang ramah, formalitas rendah dan ketrampilan mendengar yang baik (p <0.05). Sedangkan jenis kelamin, pendidikan, perluasan formalitas dan kejelasan peran tidak adahubungan dengan kepuasan pasien (p > 0.05). Variabel yang paling berhubungan dengankepuasan pasien adalah ketrampilan mendengar yang baik. Pimpinan rumah sakit perlumemperkuat budaya organisasi terutama ketrampilan mendengar yang baik melalui sosialisasibudaya secara berkesinambungan dan berkala. ABSTRACT The purpose of this study describes the relationship of nurse characteristics and organizationalculture with patient satisfaction in Pondok Kopi Jakarta Islamic Hospital. This study descriptivecorrelation with Cross Sectional with 106 nurses samples and 423 patient samples. The researchnurse about the culture of the organization perceives both 53.8%. 54.6% patient satisfaction.There is a relationship between nurse characteristics and organizational culture with patientsatisfaction included: age, tenure, type of employee-friendly, low formality and good listeningskills (p <0.05). As for gender, education, expansion of formality and clarity of the role are noassociation with patient satisfaction (p> 0.05). Variables most associated with patient satisfactionis good listening skills. Hospital leaders need to strengthen the organizational culture, especiallygood listening skills through cultural socialization and continuous basis. |